GOA KONTAMALE

Kawasan Wakatobi

KABUPATEN WAKATOBI, Sulawesi Tenggara

Goa telaga ini cukup luas dan dalam. Terdapat kolam dengan airnya yang jernih. Di langit-langit goa terdapat stalaktit.

Nama Kontamale sendiri memiliki arti sendiri bagi warga lokal. Menurut Aden, nama Kontamale terdiri dari dua kata yakni Konta dan Male. Konta berarti pegang dan male berarti layu.

Warga meyakini zaman dulu ada seorang pasangan kekasih yang sulit untuk menikah. Meski keduanya lama berpacaran, tapi salah satunya tak ingin menikah. Mereka berdua kemudian mendatangi goa tersebut untuk mandi. Tak lama setelah itu keduanya saling setuju untuk menikah dan direstui oleh masing-masing keluarga mereka. "Kalau menurut warga, nama Kontamale berasal dari cerita itu. Jadi masih banyak yang percaya kalau ada pasangan yang sulit menikah, mereka mandi di goa ini supaya mudah menikah. Mungkin air goa ini bisa meluluhkan orang-orang yang keras hati," kata Aden. Goa alam ini menjadi andalan warga desa Kontamale untuk mandi, mencuci dan berekreasi. Meski demikian, air di goa tersebut tetap jernih dan tidak pernah kotor.


sumber:https://travel.kompas.com/read/2017/11/11/183000327/kaum-jomblo-coba-liburan-ke-goa-kontamale-konon-bikin-enteng-jodoh



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Tenggara


Koordinat: -5.3004, 123.5840
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam31
Wisata Buatan13
Wisata Budaya11
Taman Nasional4
  • Share Via