Bendungan Benel

Kawasan BALI

KABUPATEN JEMBRANA, Bali

Bosan dengan wisata pantai seperti di Kuta maupun Tanjung Benoa, anda bisa berkunjung ke wilayah Bali Barat yaitu di Kabupaten Jembrana, di sini anda bisa menyaksikan keindahan bendungan Benel yang dibangun tahun 2006 kemudian selesai dan diresmikan pada tahun 2010 oleh presiden RI ke-6 Bapak SBY. Letaknya di wilayah pegunungan dikeliligi oleh hutan lindung, terlihat begitu indah, dan membuat pengunjung betah apalagi dalam balutan kesejukan dan segarnya udara pegunungan. Di bagian bawahnya terlihat hamparan sawah terasering yang membuat setiap pengunjungngnya berdecak kagum. Bendungan Benel ini terletak di Dusun Mekar Sari, Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana. Dari Ibu Kota Propinsi Bali Denpasar berjarak sekitar 100 kilometer, awal pembangunan bendungan atau dam ini untuk menampung dan membendung sungai Aya, karena petani di sekitar areal bendungan sering kekurangan air untuk keperluan irigasi, sehingga hasil pertanian tidak maksimal. Untuk keperluan tersebut maka dam ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan irigasi, biaya yang dihabiskan sekitar 107 milyar, pembangunan ini sesuai harapan, hasil air yang ditampung bisa mengairi sekitar 1.047 hektar lahan pertanian.

Bendungan Benel ini cukup luas, terletak di atas lahan 40 hektar, seperti sebuah danau buatan yang menyajikan keindahan, disekelilingnya hutan lindung tropis terlihat menghijau menghiasi sekitar areal bendungan. Dari sini pengunjung bisa menyaksikan keindahan sawah terasering di bawahnya, pesonanya berpadu serasi dengan suasana bendungan dan hutan tropis disekitarnya, menjadi daya tarik sendiri, anda bisa bersantai sambil melihat keindahan alam dan juga memancing, pesonanya membuatnya banyak orang tertarik, baik warga lokal maupun dari luar daerah, menjadikannya sebagai objek wisata alternatif yang sayang untuk dilewatkan.

Kabupaten Jembrana memiliki sejumlah tempat rekreasi, jika anda berencana berkunjung bisa sewa mobil ataupun ikut paket tour yang telah disediakan. Beberapa tempat wisata di kawasan ini adalah Taman Nasional Bali Barat termasuk pulau Menjangan sebagai spot diving dan snorkeling, pura Pulaki, Museum manusia Purba di Gilimanuk, pura Jaganatha, Pura Pulaki, Gereja Palasari, Bendungan Palasari, pantai Perancak, pantai Candikusuma, Delod Berawah dan Twin Tower sebagai tempat belanja oleh-oleh layaknya toko Krisna di Bali Selatan. Termasuk seni jegog dan tradisi makepung yang menarik.

Tempat-tempat indah sebenarnya tersebar di seluruh pulau Bali ini, tidak hanya didominasi kawasan Selatan, di kawasan Barat juga tidak kalah menariknya, tempatnya yang jauh dari bandara maupun ibu kota propinsi dan juga sangat jarang diekspose keberadaanya, termasuk juga Bendungan Benel, membuatnya lebih sepi pengunjung dibandingkan tempat rekreasi lainnya,  seandainya mudah dijangkau dari Bandara pastilah tempat ini juga ramai dikunjungi oleh wisatawan nusantara maupun asing, perjalanan menjelang lokasi anda akan dihibur oleh pemandangan sawah. Jadi atur perjalanan tour untuk mengambil rute arah Barat, mengunjungi tempat-tempat indah yang jarang dikunjungi wisatawan.

 

sumber : http://www.balitoursclub.com



Destinasi lain di Kawasan Bali


Koordinat: -8.2848, 114.6058
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam265
Wisata Buatan135
Wisata Budaya122
Taman Nasional8
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional