Rumah Panggung Peninggalan Suku Bugis

Kawasan BALI

KABUPATEN JEMBRANA, Bali

Objek Wisata Rumah Panggung Peninggalan Suku Bugis di Jembrana Bali adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Loloan Timur, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali, Indonesia. Objek Wisata Rumah Panggung Peninggalan Suku Bugis di Jembrana Bali adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Objek Wisata Rumah Panggung Peninggalan Suku Bugis di Jembrana Bali memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Jembrana tidak mengunjungi Objek Wisata Rumah Panggung Peninggalan Suku Bugis di Jembrana Bali yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Objek Wisata Rumah Panggung Peninggalan Suku Bugis di Jembrana Bali sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya.  Keindahan Objek Wisata Rumah Panggung Peninggalan Suku Bugis di Jembrana Bali ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Objek Wisata Rumah Panggung Peninggalan Suku Bugis di kota Jembrana.

 

Lokasi

Dimana lokasi Objek Wisata Rumah Panggung Peninggalan Suku Bugis di Jembrana Bali ? seperti yang tertulis di atas lokasi terletak di Desa Loloan Timur, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali, Indonesia. Tetapi jika anda masih bingung di mana lokasi atau letak Objek Wisata Rumah Panggung Peninggalan Suku Bugis di Jembrana Bali saya sarankan anda mencari dengan mengetik Objek Wisata Rumah Panggung Peninggalan Suku Bugis di Jembrana Bali di search google maps saja. Di Google maps sudah tertandai dimana lokasi yang anda cari tersebut.

Daya Tarik

Objek Wisata Rumah Panggung Peninggalan Suku Bugis di Jembrana Bali merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Objek Wisata Rumah Panggung Peninggalan Suku Bugis di Jembrana Bali juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. 

Objek Wisata Rumah Panggung Peninggalan Suku Bugis di Jembrana Bali merupkan rumah yang dianggap cermin awal peradaban datuk moyangnya dahulu kini sedang mengalami kepunahan populasinya semakin menyusut dan tak tergantikan. Bangunan yang pernah menjadi ikon masyarakat loloan kini kurang mendapat perhatian untuk dijaga kelestariannya.

Kawasan loloan pada awal pemukiman adalah merupakan konsesi raja-raja di Jembrana kepada pendatang ‘kampung loloan’ kala itu belum mengenal bangunan dari batu beton seperti sekarang ini, hanya dikenal bangunan kayu berupa rumah panggung sebagai karya dari negeri seberang. Dari bangunan itulah lahir tradisi yang dibawa dari negeri asalnya dipelihara dan dijaga kelestariannya, kini kondisinya rumah panggung telah berubah bentuk bahkan lenyap dari tempatnya semula dan kemudian semakin langkanya dijumpai.

Objek Wisata Rumah Panggung Peninggalan Suku Bugis di Jembrana Bali merupakan simbul bangunan sebuah peradaban masyarakat kampung loloan. Keberadaannya tidak terlepas dari pengaruh budaya Bugis dan Melayu yang dibawa oleh beberapa tokoh pada empat abad silam. 
Perlu ditumbuhkan serta didorong kesadaran masyarakat akan arti nilai sebuah kebudayaan yang tersimbul dalam bentuk bangunan rumah panggung untuk dipelihara kelestariaannya tanpa harus membiarkan dalam kepunahan.
 

Fasilitas

Objek Wisata Rumah Panggung Peninggalan Suku Bugis di Jembrana Bali bisa dibilang sebuah wisata sejarah yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

- Area Parkir kendaraan

- Mushola

- Kamar mandi / MCK

- Tempat Istirahat

- Rumah Makan

- dan masih banyak lainya
 

Transportasi

Bagi wisatawan asal kota Jembrana sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi wisata Objek Wisata Rumah Panggung Peninggalan Suku Bugis di Jembrana Bali. Akan tetapi bagaimana bagi wisatawan luar kota bahkan luar negeri, tentu mereka bingung dan takut kesasar. Tapi jangan khawatir bagi wisatawan luar kota Jembrana saya mempunyai solusinya agar anda semua tidak kesasar. 

Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Objek Wisata Rumah Panggung Peninggalan Suku Bugis di Jembrana Bali dengan memakai kendaraan pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Anda bisa meminta panduan arah ke Objek Wisata Rumah Panggung Peninggalan Suku Bugis di Jembrana Bali di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum.

Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di Kecamatan Jembrana. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi anda menuju Desa Loloan Timur hingga sampai di lokasi Objek Wisata Rumah Panggung Peninggalan Suku Bugis tersebut. 

sumber  https://www.teluklove.com



Destinasi lain di Kawasan Bali


Koordinat: -8.3729, 114.6237
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam263
Wisata Buatan134
Wisata Budaya122
Taman Nasional8
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional