Air Terjun Juwuk Manis

Kawasan BALI

KABUPATEN JEMBRANA, Bali

Air Terjun Juwuk Manis Jembrana menjadi wisata alam yang sayang untuk dilewatkan kalau berkunjung ke Jembrana, Bali. Di sini, Anda akan bisa menyaksikan keberadaan sebuah air terjun unik yang berukuran tidak terlalu besar. Terdapat dua air terjun berukuran kecil yang saling berdampingan. Keberadaan kolam di bagian bawahnya semakin mempercantik pemandangan di sini.

Air terjun Juwuk Manis Jembrana ini terbilang masih alami. Jalur perjalanan menuju ke sana, cukup sulit. Bagi penyuka kegiatan petualang, pasti sangat menyukai trek jalan menuju lokasi wisata ini. Namun bagi yang tidak terbiasa untuk berjalan jauh dan melewati trek-trek sulit, sebaiknya sebelum berangkat harus mempersiapkan tenaga dan fisik yang kuat.

Di sekitar lokasi air terjun terdapat sebuah pura suci, sehingga pengunjung yang datang harus menjaga etika dan sopan santun. Bahkan wanita yang sedang datang bulan, tidak diperkenankan memasuki kawasan ini untuk menjaga kesucian lokasi wisata.

Wisata Air Terjun Juwuk Manis Jembrana masih terbilang sepi karena keberadaanya belum terlalu terkenal di kalangan wisatawan. Karena itulah, lokasi objek wisata ini sangat cocok sebagai tempat penghilang penat dan stress dari hiruk pikuk kehidupan kota. Terutama kalau menghabiskan waktu berendam di kolam kecil yang ada di air terjun ini.

 

Meskipun memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi yakni hanya sekitar 6 meter saja, namun guyuran air dari atas cukup membuat badan segar terkena guyuran airnya. Terdapat dua aliran air terjun yang terletak berdampingan sehingga semakin menambah cantiknya air terjun.

Ketika kemarau, aliran air terjun tidak begitu deras sehingga masih sangat aman jika digunakan untuk mandi ataupun berenang. Jika musim hujan, aliran airnya menjadi deras sehingga diharapkan untuk berhati-hati ketika berenang atau bermain di kolam air di bawahnya.

Karena wisata ini masih baru dan belum terkenal di kalangan wisatawan luas, sehingga belum terdapat fasilitas penunjang pariwisata yang terbangun secara maksimal. Sehingga ada baiknya membawa makanan ataupun minuman sendiri dari rumah sambil tetap menjaga kebersihan dan kelestarian alam.

Lokasi Air Terjun Juwuk Manis Jembrana

Air Terjun Juwuk Manis berada di Dusun Juwuk Manis yang masuk dalam wilayah administratif Desa Manggis Sari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana.

Rute Perjalanan Menuju Air Terjun Juwuk Manis Jembrana

Ditempuh dari Denpasar dalam sekitar 75 kilometer perjalanan, atau membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan. Tidak dikenakan tiket masuk untuk memasuki lokasi wisata air terjun, namun hanya berupa donasi seikhlasnya.

Akses menuju lokasi wisata Air Terjun Juwuk Manis terbilang cukup sulit. Jalanan yang dilalui berupa tanjakan dan kelokan karena memang letaknya di daerah perbukitan. Sesampai di Desa Juwuk Manis, pengunjung dapat parkir kendaraan di pemukiman desa setempat. Kemudian harus berjalan kaki sekitar 1 kilometer sebelum sampai di lokasi air terjun.

Di perjalanan dengan kaki inilah pemandangan indah tanaman kopi dan cengkeh akan terhampar di depan mata. Karena merupakan kawasan perkebunan cengkeh dan kopi sehingga udara yang segar dan sejuk sangatlah terasa. Perjalanan setapak menuruni anak tangga menuju lokasi akan segera terbayar oleh keindahan Air Terjun Juwuk Manis Jembrana.

sumber : https://www.kintamani.id



Destinasi lain di Kawasan Bali


Koordinat: -8.3911, 114.9079
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam268
Wisata Buatan140
Wisata Budaya121
Taman Nasional8
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional