Bitombang Perkampungan Tua

Kawasan SULAWESI SELATAN

KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR, Sulawesi Selatan

Bitombang adalah sebuah kampung yang terletak di Kelurahan Bontobangun, Kecamatan Bontoharu, Kepulauan Selayar, dengan jarak 7 km dari Kota Benteng. Karena kebanyakan rumah memiliki usia di atas 100 tahun, bahkan ada yang diperkirakan di atas 200 tahun, sehingga kampung ini disebut sebagai Kampung Tua Bitombang.

Kampung ini terletak di lereng dan puncak bukit. Rumah-rumah sebagian besar terletak di lereng bukit, dengan tiang yang menjulang tinggi di bagian belakang, dan rendah di bagian depan. Tiang belakang berkisar 10 – 20 meter dan bagian depan hanya 2 – 3 meter. Konstruksi ini tentu tidak kebetulan dibuat demikian. Di sekitar perkampungan, terdapat tanah yang agak lapang dan tidak terlalu curam. Tentu ada makna dan tujuan.

Dalam banyak kebudayaan, pemilihan lokasi rumah selalu dengan banyak pertimbangan. Misalnya menyangkut tanah lokasi, arah mata angin, penggunaan kayu, sampai dengan ritual songkabala atau ritual memohon doa keselamatan dan keberkahan.

Pada masyarakat Selayar, pembangunan rumah dimulai dari pemilihan tempat passiringang yang berarti “tempat bernaung” untuk mendirikan rumah. Dari kata inilah kemudian muncul kata siring yaitu kolong rumah ketika sebuah rumah telah didirikan. Untuk itu, untuk membangun sebuah rumah, dibutuhkan seorang mataguri (mahagurru). Mataguri ini tidak saja ahli dalam membangun rumah, tapi juga memiliki kekuatan spiritual yang akan “mengisi” rumah yang akan dibangunnya.

Beberapa missionaris dan penjelajah Eropa pernah mengunjungi Bitombang antara tahun 1913 – 1932, antara lain seorang dokter Belanda tahun 1915 (nama belum bisa dipastikan) dan menaruh perhatian pada batu-batu di kampung ini.


sumber: exploresouthsulawesi.com, goodnewsfromindonesia.id



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Selatan


Koordinat: -6.1531, 120.5152
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam131
Wisata Buatan77
Wisata Budaya86
Taman Nasional7
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional