Pemakaman Bangsawan Binamu

Kawasan SULAWESI SELATAN

KABUPATEN JENEPONTO, Sulawesi Selatan

Bagi anda penggemar wisata sejarah, harus memasukkan destinasi wisata ini ke dalam list tempat wisata yang harus anda kunjungi. Kompleks Makam Raja-raja Binamu berada di Desa Bontoramba, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Kompleks ini juga sering disebut Cagar Budaya Makam Raja-raja Binamu, karena terlihat dari bentuk makam yang berundak dan terbuat dari patu pahat persegi yang identik dengan zaman batu atau purbakala.

Kompleks ini adalah area pemakaman bangsawan dari Kerajaan Binamu. Untuk menuju Desa Bontoramba sebenarnya tidaklah sulit, karena hanya berjarak tiga kilometer dari jalan poros Sulawesi Selatan di Kecamatan Tamalatea.

Cagar Budaya Makam Raja-raja Binamu merupakan salah satu situs budaya yang dilindungi. Kompleks makam ini diresmikan pada tanggal 11 Agustus tahun 1984, yang sebelumnya diadakan perbaikan mulai tahun 1981. Di dalam kompleks makam ini terdapat kurang lebih 639 buah makam yang beraneka bentuk dan ukuran.

Makam-makam yang ada disini diklasifikasikan menjadi tiga golongan menurut ukurannya. Yakni makam ukuran besar, sedang dan kecil.  Yang membuat makam ini berbeda dengan makam lain adalah, pada umumnya makam-makam disini bentuknya berundak-undak, dengan bahan papan batu yang memiliki tiga bagian, bagian alas yang terpendam di tanah, bagian tubuh yang berupa dinding batu berpahat, dan bagian kepala tempat nisan ditancapkan.

Bentuk nisan dan pola ragam hiasnya pun berbeda dengan makam lain. Nisan yang ada di Cagar Budaya Raja-raja Binamu memiliki bentuk diantaranya nisan arca, bentuk pallus, gadah, dan pipih.

 

sumber: exploresouthsulawesi.com, youchenkymayeli.blogspot.com



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Selatan


Koordinat: -5.6721, 119.7310
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam154
Wisata Buatan103
Wisata Budaya96
Taman Nasional8
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional