Situs Benteng Alla

Kawasan SULAWESI SELATAN

KABUPATEN ENREKANG, Sulawesi Selatan

Situs sejarah Benteng Alla terletak di Desa Benteng Alla dan Desa Benteng Alla Utara, Kecamatan Baroko, Kabupaten Enrekang. yang berbatasan langsung dengan Toraja.

Situs ini, bukanlah sebuah benteng beton yg dibangun seperti yg biasa kamu lihat. Melainkan sebuah formasi pegunungan yang berbentuk benteng yg memanjang hingga 5 km dgn luas area 80 ha. Hanya ada tiga pintu masuk ke area ini. Uniknya di dalam benteng ini terdapat kuburan batu ala Toraja.

Dahulu (1905-1907) di masa penjajahan Benteng ini menjadi basis pertahanan terakhir para pejuang Enrekang dan pejuang dari Toraja yg di pimpin oleh pongtiku (salah satu pahlawan paling terkenal dari Toraja).saat itu pejuang dari Toraja terpukul mundur dari benteng barukku Toraja Utara dan bergabung dgn pejuang Enrekang.

Ketika itu setiap pintu dibenteng Alla dijaga oleh masing masing satu peleton. Namun penjajah Belanda terus menambah pasukannya dan terus mengepung dan menggempur benteng alla tersebut.

Saat dikepung dan terdesak para pejuang memilih bertempur hingga tewas dan bunuh diri massal, karena mereka tak ingin ditawan oleh penjajah. para pejuang mengorbankan nyawanya demi pertahankan Benteng tersebut selama dua tahun. dan akhirnya penjajah Belanda berhasil merebut benteng tersebut di tahun 1907.

Hingga saat ini Benteng Alla Masih berdiri kokoh dan menjadi salah satu bukti keberanian para pejuang Enrekang duri melawan penjajah Belanda saat itu. semoga saja Benteng ini menjadi salah satu daya daya tarik di kab.Enrekang.

 

sumber: Facebook.com/Blogger Enrekang



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Selatan


Koordinat: -3.2707, 119.8294
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam164
Wisata Buatan104
Wisata Budaya95
Taman Nasional8
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional