Pulau Dutungan

Kawasan SULAWESI SELATAN

KABUPATEN BARRU, Sulawesi Selatan

Pulau Dutungan atau Duttungeng merupakan pulau yang terletak di Kabupaten Barru, tepatnya di Palanro, Kecamatan Mallusetasi. Pulau Dutungan adalah pulau kecil dengan pasir putih yang sangat indah. Sebuah pulau cantik yang menawarkan anda ketenangan dan nuansa alami. Pulau ini berada di kawasan perairan kabupaten Barru, tepatnya berada di kawasan perbatasan antara kabupaten Barru dengan kabupaten Pare-pare. Meski berada cukup jauh dari kota Makasar, tetapi kawasan wisata ini tak akan memaksa Anda menempuh perjalanan sulit untuk menuju lokasi wisata ini. Cukup perjalanan darat dengan kendaraan bermotor dari Kota Makasar menuju dermaga khusus untuk menuju Pulau Dutungan di Kabupaten Barru.

Lokasi dermaga cukup mudah Anda temukan. Tepat sebelum mencapai titik perbatasan antara Kabupaten Barru dan Kabupaten Pare-pare, anda akan menemukan jalan menuju ke kiri dengan papan nama Pulau Dutungan yang cukup jelas. Dengan menempuh jalan sekitar 800 meter Anda akan menemukan dermaga kecil ini.

Setiba Anda di dermaga Anda akan menaiki kapal khusus yang disediakan oleh pengelola kawasan wisata ini atau kapal penduduk yang sengaja disewakan. Harga sewanya per orang sekitar Rp 30 ribuan sampai Rp 50 ribu, tentu tergantung jumlah penumpang. Jangan takut perjalanan ini akan membosankan, selain karena perjalanan ini hanya akan memakan waktu 10 menitan, perjalanan ini juga akan cukup menarik.

Kawasan pulau di lingkari lautan dangkal yang dipenuhi terumbu karang cantik di dasarnya. Anda bisa berpuas snorkeling di kawasan lautan. Melangkahkan kaki dari dermaga Anda akan menemukan hamparan pasir putih dengan pasir lembut yang berpadu dengan pasir kasar hasil proses hancurnya karang pantai. Pantai di Pulau Dutungan sangat teduh dengan kehadiran vegetasi tinggi di sekitaran pantai. Jadi tak heran kalau Anda bisa memilih menjemur diri Anda di teriknya matahari pantai atau malah berteduh di bawah pohon rindangnya sembari menikmati sepoi angin.

Bila Anda ingin menjelajah pantai Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1 -2 jam saja. Sisi tengah pulau adalah sebuah area hutan kecil yang ditumbuhi beberapa vegetasi tropis. Di sisi lain hutan Anda akan menemukan kembali sisi pantai lain yang lebih perawan.

Harus diakui pantai ini tak akan memberi Anda wisata bahari modern layaknya bisa Anda temui di pantai-pantai ternama. Jangan harap ada banana boat, jest ski, fasilitas permainan pantai atau fasiliast snorkeling modern.

Seluruh pulau hanyalah kawasan tenang, dengan fasilitas penginapan kayu yang eksotis namun sederhana, café dan resto kecil. Boleh dikatakan pulau ini adalah kawasan  untuk Anda yang butuh tempat lari sejenak dari hiruk pikuk kota yang memusingkan. Tempat untuk Anda yang membutuhkan situasi tenang dan menenangkan

Sumber: exploresouthsulawesi.com



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Selatan


Koordinat: -4.1803, 119.6186
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam156
Wisata Buatan103
Wisata Budaya97
Taman Nasional8
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional