Masjid Taqwa Tompong

Kawasan SULAWESI SELATAN

KABUPATEN BANTAENG, Sulawesi Selatan

Jejak sejarah Islam di Tanah Air memang tidak pernah lepas dari situs-situs sejarah yang menjadi saksi perkembangan Islam di masa lalu. Salah satunya Masjid Taqwa Tompong yang berada di Kampung Tompong, Kelurahan Letta, Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, yang saat ini masih terjaga dan berdiri kokoh.

Bila dilihat dari segi arsitekturnya, masjid ini masih terpengaruh Dinasti Ming di Tiongkok. Pasalnya, bentuk kubah masjid yang berbentuk tumpang tiga dan bertingkat didominasi warna merah khas arsitektur Tiongkok. Jika dilihat sepintas, struktur bangun masjid ini mirip masjid tertua di Indonesia, Masjid Demak. Di atas puncak menara masjid terdapat mangkuk (guci) yang menghadap ke bawah atau tertelungkup, yang merupakan peninggalan Dinasti Ming. Konon dalam mangkuk itu berisi emas batangan.

Bentuk pintu masuk masjid ini juga unik seperti  bentuk bangunan pada masa lalu yang berbentuk melingkar. Di dalam masjid juga terdapat banyak kaligrafi bertulskan asma Allah yang dapat dilihat di sudut-sudut masjid.

Masjid ini memiliki ukuran panjang 31,5 meter, lebar 21 meter, dan tinggi 16 meter. Adapun panjang pekarangan 16 meter dan lebar 23,5 meter.

Dalam masjid sendiri terdapat banyak simbol filosofi yang menambah keunikan Masjid Taqwa Tompong ini. Dalam masji terdapat empat pilar yang menandakan empat mazhab, yaitu hambali, hanafi, syafii, dan malik.

Masjid ini juga terdapat lima pintu yang menandakan salat lima waktu. Selain itu, di masjid ini juga terdapat enam jendela yang berarti enam rukun iman, dan juga terdapat 17 penyangga yang berada di atap masjid yang berart 17 rakaat sehari semalam.

 

sumber: makassar.terkini.id



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Selatan


Koordinat: -5.5519, 119.9554
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam154
Wisata Buatan103
Wisata Budaya95
Taman Nasional8
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional