Pesta Ritual Gantarangkeke

Kawasan SULAWESI SELATAN

KABUPATEN BANTAENG, Sulawesi Selatan

Ritual pesta adat warga Kecamatan Gantarangkeke, Kecamatan Bantaeng, atau yang disebut Pa'jujukang ini merupakan agenda tahunan setiap pertengahan Bulan Sya'ban, menyambut bulan Suci Ramadan.

Setiap tahun pesta ritual ini dihelat, ribuan warga berdatangan dari berbagai penjuru Bantaeng bahkan dari seluruh nusantara. Pesta adat yang dipusatkan di Desa Dampang, Kecamatan Gantarangkeke tersebut adalah warisan dari budaya Makassar kuno. Gantarankeke dikenal sebagai tanah Toa (tanah tua/leluhur) bagi suku makassar. Di wilayah ini dulunya dijadikan sebagai tempat bertemunya para pemimpin dan tokoh adat dari empat penjuru angin untuk saling menjaga hubungan dengan mengadakan pesta. Itulah mengapa di Gantarangkeke ini masih tersimpan pusaka-pusaka tertua yang masih tersimpan dengan baik.

Ritual adat ini dilakukan oleh masyarakat Kab.Bantaeng di balla lompoa gantarang keke sebagai bentuk penghormatan terhadap arwah para leluhur dan keyakinan turunnya tomanurung di balla lompoa serta menghilangnya 7 orang karaeng bersaudara di butta toa Bantaeng.

Di pesta adat ini, kita akan menyaksikan suguhan budaya lokal butta toa bantaeng yaitu diantaranya ada tari tradisional, seni paraga, atraksi seni beladiri dan beberapa budaya lokal lainnya.


sumber: fotosulawesi.blogspot.com



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Selatan


Koordinat: -5.5243, 120.0550
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam131
Wisata Buatan76
Wisata Budaya82
Taman Nasional7
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional