Monumen Juang Lesangi

Kawasan SULAWESI SELATAN

KABUPATEN LUWU UTARA, Sulawesi Selatan

Monumen Juang Lesangi berada di Bone, Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Monumen Juang Lesangi di luwu Utara Sulawesi Selatan ini.di kota luwu utara berdiri kokoh sebuah monumen yang diberi nama Monumen Masamba Affair. 

Monumen Masamba Affair dibangun untuk mengenang sejarah perjuangan pemuda Masamba melawan NICA atau Belanda,Serangan terhadap militer Belanda berawal saat Salawati Daud dimandatkan menggalang pemuda Sulsel untuk memberontak melawan Belanda.Bersama Hasan Lakallu, wali kota perempuan pertama di Indonesia itu berangkat dari Makassar untuk mengajak pemuda Masamba melawan Belanda.

Bersama beberapa pemuda Masamba, seperti Kasim Kasmad dan Bakri Nantang, mereka menyerang tangsi Belanda dan merebut sekitar 20 pucuk senjata.Bermodalkan senjata rampasan, penyerbuan bergeser ke penjara Belanda dan melepas sejumlah tahanan politik dari Tentara Kawanan Rakyat Luwu.jadi banyak wisatawan yang ingin mengenal sejarah dengan datang ke  Wisata Monumen Juang Lesangi di luwu Utara Sulawesi Selatan ini,mereka juga tidak lupa jasa para pahlawa kota luwu utara sehingga di buatkan simbol penginggatnya jadi di bangun monumen sejarah ini.

 

sumber: teluklove.com



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Selatan


Koordinat: -2.5531, 120.3268
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam134
Wisata Buatan77
Wisata Budaya87
Taman Nasional8
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional