Desa Wisata Osing

Kawasan Banyuwangi

KABUPATEN BANYUWANGI, Jawa Timur

Kota di ujung jawa Timur, Banyuwangi, kini menjelma menjadi kota idaman yang menarik untuk dikunjungi. Kota yang juga disebut sun rise of java itu beberapa tahun terakhir ini berhasil memikat hati para pelancong lokal maupun wisatawan manca negara (wisman).

Dengan mengusung konsep ekoturisme, Banyuwangi berhasil mengembangkan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, pemberdayaan sosial budaya dan ekonomi masyarakat lokal.

Tidak hanya alam yang menjadi daya tarik Banyuwangi, tetapi kebudayaan asli kotapun juga berhasil mencuri perhatian pengunjung. Untuk menjaga kelestarian kebudayaan Banyuwangi, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menetapkan Desa Wisata Osing sebagai cagar budaya.

Desa Wisata Osing atau Using berada di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah di Kabupaten Banyuwangi. Penduduk di desa ini merupakan kelompok masyarakat yang memiliki adat istiadat dan budaya khas sebagai satu suku, yang dikenal sebagai suku Osing (Using). Pemerintah menetapkannya, sebagai daerah cagar budaya dan mengembangkannya sebagai Desa Wisata (Suku) Using (Osing).

sumber:https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/09/12/keunikan-desa-wisata-osing-kemiren-banyuwangi



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -8.2009, 114.3148
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam633
Wisata Buatan427
Wisata Budaya286
Taman Nasional15
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional