Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Kawasan Joglosemar

KABUPATEN MAGELANG, Jawa Tengah

Destinasi wisata yang satu ini menggabungkan antara wisata budaya dengan rekreasi keluarga. Candi Umbul merupakan salah satu situs purbakala penginggalan dari Kerajaan Mataram Kuno antara tahun 800 – 850 M atau abad 9 M. Sama seperti Candi Selogriyo, Candi Gedongsongo dan Candi Dieng.

Terletak di lembah Sungai Elo, di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang,  diperkirakan Candi ini pada masa silam digunakan sebagai pertirtaan raja-raja dalam upacara keagaaman. Candi umbul sebuah pemandian berbentuk persegi empat  yang dibuat dari batu-batu komponen bangunan candi kuno.

Pemandian  Air Hangat Candi Umbul memilki 2 buah kolam ukuran 12,5 x 7,15 meter  dan kolam ukuran 8,5 x 7 meter. Mata air di dasar kolam menyemburkan gelembung - gelombung  gas yang mengandung belerang yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit dan reumatik. Mata air hangat yang menyembul merupakan sisa-sisa masa purba jutaan tahun silam.

Berwisata ke Pemandian Air Hangat  Candi Umbul adalah pilihan tepat, berekreasi bersama keluarga sekaligus mengenal peradaban  Indonesia

 

 



Destinasi lain di Kawasan Jawa Tengah


Koordinat: -7.3604, 110.2992
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam390
Wisata Buatan280
Wisata Budaya358
Taman Nasional12
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional