Taman Purbakala Sumpang Bita

Kawasan SULAWESI SELATAN

KABUPATEN MAROS, Sulawesi Selatan

Nama sumpang bita berasal dari padanan kata sumpang dan bita dimana sumpang artinya pintu dan bita artinya kampong. Dahulu goa ini ditempati oleh orang – orang toala artinya orang yang tinggal di hutan. Gua ini akhirnya ditemukan pertama kali pada tahun 1902 oleh orang kebangsaan swiss bernama Friss dan Paul Sarassin.

Bila pertama kali datang ke tempat ini anda akan merasakan perjalanan yang jauh dan melelahkan, namun saat memasuki gerbang simpang bita semuanya akan hilang dengan suguhan taman – taman yang tertata rapi dan sangat indah, terdapat batu – batu yang tersusun, tempat ini sudah dikelola dengan baik oleh pihak pemerintah demi kenyamanan pengunjung.Di atas gunung terdapat 2 gua yaitu Leang Sumpang Bita dan Leang Bulu Sumi dimana keduanya terletak berjauhan dan dibatasi oleh bukit kapur.

Di dalam gua sumpang bita anda akan dibuat takjub dengan melihat bukti histori mengenai masyarakat masa lampau yang belum memiliki rumah sehingga mereka memilih tinggal di dalam gua. Walaupun tinggal di dalam gua masyarakat tersebut sudah memiliki kemampuan untuk mendeskripsikan indrawinya ke dalam media yang dibuktikan dengan adanya gambar lukisan yang cukup banyak di dinding gua.

Di dalam gua terdapat  gambar telapak tangan dan kaki negatif, lukisan babi rusa, lukisan perahu, serta cangkang molusca. Cap tangan berjumlah 69 buah, lukisan babi rusa 12 buah, lukisan perahu 1 buah. Lukisan ini dibuat oleh masyarakat toala menggunakan bahan alami seperti daun sirih dengan tambahan tanah liat sebagai bahan perekat sehingga semua lukisan dapat bertahan sampai hari ini.

 

sumber: www.teluklove.com,



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Selatan


Koordinat: -4.9116, 119.6493
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam131
Wisata Buatan78
Wisata Budaya86
Taman Nasional7
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional