Agrowosata Salak Nglumut

Kawasan Joglosemar

KABUPATEN MAGELANG, Jawa Tengah

Srumbung.- Salah satu tempat yang perlu Anda kunjungi apabila anda berwisaa ke Magelang yaitu Agrowisata Salak Nglumut, di tempat ini kalian bisa memetik langsung buah salak dari pohonya sekaligus melihat pembibitan pohon salak. Nama salak ini diambil dari nama desa penghasil varietas salak unggul ini yaitu Desa Nglumut yang juga berada di lereng Gunung Merapi dan termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Srumbung , Kabupaten Magelang.

Salak Nglumut yang dikembangkan para petani ini berasal dari lahan pertanian organic, banyak orang mengatakan Salak Nglumut rasanya lebih segar dibanding salak lainnya. Bentuk buahnya segi tiga atau bulat telur terbalik dengan pangkal meruncing sedagkan  kulit buahnya bersisik tersusun seperti genting pendek dan berwarna cokelat kekuningan. dinding kulit bagian dalam berserat dan berdaging putih kekuningan. Buah muda rasanya manis keasaman dan setelah tua rasanya manis. Jumlah biji dalam setiap buah antara 2-3. Biji berwarna kecokelatan, keras, dan terdapat sisi cembung serta datar. Ukuran buahnya cukup besar, panjang antara 2,5-8 cm dan berat sekitar 70 g/buah. Jumlah buah per tandan antara 10-50 buah.

Daya tarik dari agrowisata ini adalah wisatawan dapat menikmati cara pengolahan tanaman salak lumut, memetik buah langsung dari pohon dan sekaligus menikmatinya secara langsung. Karena rasanya yang khas dan beda dari yang lain, Salak Nglumut berhasil mengekspor puluhan ribu ton pertahun ke luar negeri, bahkan Salak Nglumut ini pernah diteliti langsung para petani Malaysia.



Destinasi lain di Kawasan Jawa Tengah


Koordinat: -7.6140, 110.3577
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam399
Wisata Buatan283
Wisata Budaya358
Taman Nasional12
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional