Danau Satonda

Kawasan Mandalika

KABUPATEN DOMPU, Nusa Tenggara Barat

Jika Israel memiliki danau berair asin bernama Laut Mati, Indonesia memiliki juga danau semisal di Pulau Satonda, Nusa Tenggara Barat. Berbeda dengan Laut Mati yang keasinannya disebabkan kandunganmineral di dasarnya, keasinan danau di Satonda disebabkan aliran air laut yang masuk lewat terowongan alam di bawah tanah. Jadi danau ini sebenarnya laut di tengah pulau. Cukup unik, bukan?

Terletak di seberang barat laut dari Tambora, ada pulau Satonda. Inilah sebuah pulau gunung api di seberang daratan pulau Sumbawa. Di dalam pulau seluas 4,8 kilometer persegi tersebut terdapat danau seluas 0,8 kilometer persegi Menariknya, setiap terjadi pasang-surut air laut di pantai pulau tersebut, juga hal yang sama terjadi di danau itu. Terletak dekat Desa Nangamiru Dompu, Satonda menjadi persinggahan wisatawan dalam pelayaran dari Bali ke Flores, NTT.

Kedalaman danaunya bervariasi antara 15-69 meter. Airnya bening. Keasinannya pun berbeda. Pada permukaan hingga 22,8 meter kadar asin 90 persen dibanding air laut. Sedangkan di kedalaman 50 meterke bawah melebih air laut yaitu 108-117 persen.

Asal muasal Danau purba di Pulau Satonda ini terbentuk dari letusan Gunung Satonda beribu-ribu tahun lalu. Kono umur Gunung api Satonda lebih tua dari Gunung Tambora. Silahkan dipilih mana yang lebih dahulu. Berkeliling pulau atau mendatangi danau air asin sebelum menghabiskan waktu menikmati pulau.



Destinasi lain di Kawasan Nusa Tenggara Barat


Koordinat: -8.1125, 117.7476
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam48
Wisata Buatan22
Wisata Budaya12
Taman Nasional3
  • Share Via