Karimun Jawa

Kawasan Joglosemar

KABUPATEN JEPARA, Jawa Tengah

Bingung mencari destinasi pantai indah di Pulau Jawa, datanglah ke Karimunjawa. Pantai lainya di Jawa ada juga yang indah namun tidaklah selengkap kawasan Taman Nasional Karimunjawa. Tempat lain di Jawa belum tentu memiliki keunggulan Karimunjawa, yaitu : terdapat kegiatan wisata bahari dan olahraga air, menyelam, snorkeling, memancing, berenang, berjemur, atau menjelajahi lautnya yang jernih.

Mengapa begitu lengkapnya Karimunjawa sehingga layak masuk sebagai taman nasional, bisa dilihat dari kekayaan alam yang melingkupinya. Kepulauan Karimunjawa masuk dalam Taman Nasional Karimunjawa yang dibagi dalam beberapa zona. Zona inti, seluas 1.299 hektare, dimanfaatkan untuk penelitian, pendidikan, serta perlindungan terhadap habitat beberapa jenis burung, seperti elang laut, dara laut, dan beberapa jenis penyu, seperti penyu hijau, penyu sisik dan sawo kecik. Zona ini meliputi Pulau Burung dan Pulau Geleang. Sementara itu, zona rimba dengan peruntukan yang hampir sama, meliputi beberapa pulau, yakni Krakal Besar, Krakal kecil, Menyawakan, 

Cemara Kecil, Bengkoang, serta sebagian Karimunjawa dan Bengkoang. Adapun zona pemanfaatan seluas 4.431 hektare dengan peruntukan yang sama untuk penunjang pengembangan Taman Nasional berada di Karimunjawa, Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Kumbang, Kembar, Karang Katang, Karang Kapal, dan Parang.

Khusus Potensi wisata gunung dan laut di empat Pulau Karimunjawa (Kemujan, Parang, Nyamuk, dan Genting) membuat Karimunjawa ditetapkan sebagai taman nasional.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Dian Triyuli Handoko



Destinasi lain di Kawasan Jawa Tengah


Koordinat: -5.8421, 110.4560
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam261
Wisata Buatan246
Wisata Budaya301
Taman Nasional9
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional