Medan

Kawasan Medan

KOTA MEDAN, Sumatera Utara

Medan adalah ibukota provinsi Sumatera Utara dan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia. Kota ini didominasi oleh etnis Jawa, Batak, Tionghoa, Mandailing dan India. Kota ini pun kerap dijadikan destinasi wisata bagi masyarakat dalam maupun luar negeri. Sebanyak 74 obyek wisata yang tersebar di Kota Medan, ada beberapa obyek wisata favorit seperti Istana Maimun, merupakan tempat wisata yang memperlihatkan bukti atau fakta peristiwa di masa lalu. Tempat bersejarah ini berada di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Sukaraja. Pada tahun 1891, istana ini selesai dibangun oleh Sultan Deli, Mahmud Al Rasyid. Dan pastinya, di dalam istana ini kita bisa melihat berbagai peninggalan sejarah Kesultanan Deli. Kantor Pos Medan adalah bangunan yang memiliki nilai tinggi dalam sejarah. Bangunan kantor ini terlihat seperti sangkar burung raksasa. Uniknya, sampai sekarang bangunan ini masih digunakan untuk kantor pos. Kantor ini berada persis di seberang Lapangan Merdeka Medan.

 

Museum Sumatera Utara mempunyai beragam macam peninggalan budaya mengenai sejarah Sumatera Utara. Ada lebih dari 6.000 koleksi yang terdiri dari peninggalan pra-sejarah, barang-barang peninggalan Hindu-Budha, hewan khas Sumatera dan lain sebagainya. Museum ini berada di Jalan H.M. Jhoni no. 51, Medan.

 

Taman Buaya Asam Kumbang, wisata ini menawarkan sensasi anti-mainstream. Karena Taman Buaya Asam Kumbang ini merupakan tempat penangkaran buaya terbesar di Indonesia. Dan penangkaran ini terdapat sekitar 2.500 ekor buaya dengan berbagai jenis dan ukuran.

 

Merdeka walk merupakan tempat wisata malam yang terdapat berbagai jenis kuliner seperti, makanan khas Medan, Western Food dan makanan Asia. Tempat favorit di wisata ini adalah Center Piece yang memiliki lahan dengan banyak pohon rindang. Uniknya, selain kita dapat menikmati berbagai jenis makanan, kita juga dapat melihat berbagai pertunjukan seperti, live music, sulap dan berbagai atraksi lainnya.

 

Kota Medan menyediakan fasilitas pendukung wisata lainnya, sebanyak 177 Hotel dan penginapan, 1028 restoran dan rumah makan, 69 karaoke, pub, dan diskotik serta 557 biro maupun agen perjalanan wisata yang menawarkan paket-paket wisata.

 

Jika kita ingin menuju ke berbagai wisata tersebut, pastinya kita harus berada di Medan terlebih dahulu. Untuk menuju ke Kota Medan, ada tiga akses yang dapat di lalui yaitu, udara, darat dan laut. 
Jalur udara kita pastinya dapat menggunakan pesawat dari Bandara Soekarna-Hatta menuju Bandara Kuala Namu, Bandara Silangit atau menuju ke Gunung Sitoli. 
jalur darat, kita bisa menaiki bus Jakarta-Medan yaitu, Medan Jaya, ALS dan Lorena. Tiket bus tersebut bisa ditemukan di Terminal Rawamangun, Cililitan, Pulo Gadung, Lebak Bulus, Tanjung Priok dan Kampung Rambutan. 
jalur laut, kita dapat menaiki kapal Pelni dari Tanjung Priok (Jakarta) menuju Belawan (Medan).

 

Foto: Shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 3.6004, 98.6821
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam12
Wisata Buatan11
Wisata Budaya17
Taman Nasional2
  • Share Via