Warung Kopi Kong Djie

Kawasan Bangka Belitung

KABUPATEN BELITUNG, Kepulauan Bangka Belitung

Satu objek yang sering dikunjungi wisatawan saat liburan ke Belitung adalah warung kopi Kong Djie (Kong Djie Coffee) di persimpangan Siburik, Jalan Gegedek. Warung tertua di kabupaten Belitung yang berdiri sejak tahun 1943 ini, terletak di sudut jalan di depan sebuah gereja Regina Pacis tepat dipinggir jalan raya yang menghubungkan tugu batu satam dan pantai Tanjung Pendam. Dan berdekatan pula dengan pasar dan pelabuhan. Karena letaknya sangat strategis warung ini tidak pernah sepi pengunjung dari mulai buka jam 05.00 dinihari hingga pukul 16.00.

Warung kecill di pojokan jalan ini rasanya tak pernah sepi. Kondisi bangunannya sederhana sekali, yakni terdapat empat ruangan kecil yang masing-masing berukuran sekitar 3x4 meter. Demikian pula dengan menu-menu kopinya juga sederhana saja, perpaduan arabika dan robusta lokal yang dimasak dengan menggunakan arang membuat kopi menjadi matang sempurna. Kemudian dituang ke dalam gelas melalui kain, dan diakhiri dengan seduhan air panas.

Berbeda dengan minuman di kedai kopi kekinian, kopi Kong Djie tak bergores latte art. Seduhan gaya lama yang tak pula menuntut sirop dan krim. Lainnya, kopi susu dengan lapisan khas susu kental manis yang tebal, kue-kue lokalnya atau nikmati telur ayam kampung setengah matang yang diaduk bersama merica dan kecap asin. Selain house blend coffee, Kong Djie juga menjual cokelat bubuk yang menjadi dasar seduhan minuman cokelatnya yang pekat.

 

Sumber: TEMPO, Shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Kepulauan Bangka Belitung


Koordinat: -2.7384, 107.6690
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam179
Wisata Buatan32
Wisata Budaya53
Taman Nasional3
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional