Gedung Merdeka

Kawasan Bandung

KOTA BANDUNG, Jawa Barat

Gedung Merdeka seluas 7.500 meter dan terletak di Jalan Asia Afrika Bandung, adalah bangunan yang saat ini digunakan sebagai museum yang memamerkan berbagai benda koleksi dan foto Konferensi Asia-Afrika yang merupakan cikal bakal Gerakan Non-Blok pertama yang digelar di gedung ini tahun 1955.

 

Gedung yang dirancang pada tahun 1926 kemudian dibangun pada tahun 1895 dengan nama Sociëteit Concordiadan ini terlihat kental sekali dengan nuansa art deco dan gedung megah, ini terlihat dari lantainya yang terbuat dari marmer buatan Italia yang mengkilap, ruangan-ruangan tempat minum-minum dan bersantai terbuat dari kayu cikenhout, sedangkan untuk penerangannya dipakai lampu-lampu bias kristal yang tergantung gemerlapan.

 

Pada masa proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 gedung ini digunakan sebagai markas pemuda Indonesia. Kemudian setelah pemerintahan Indonesia mulai terbentuk (1946 - 1950), gedung Concordia dipergunakan sebagai gedung pertemuan umum. disini biasa diselenggarakan pertunjukan kesenian, pesta, restoran, dan pertemuan umum lainnya.

 

Dengan keputusan pemerintah Republik Indonesia (1954) yang menetapkan Kota Bandung sebagai tempat Konferensi Asia Afrika, maka Gedung Concordia terpilih sebagai tempat konferensi tersebut. Dan pada Maret 1980 gedung ini kembali dipercayakan menjadi tempat peringatan Konferensi Asia Afrika yang ke-25 yang pada puncak peringatannya, Presiden Republik Indonesia kedua, Soeharto, meresmikannya menjadi Museum Konferensi Asia Afrika.



Destinasi lain di Kawasan Jawa Barat


Koordinat: -6.9211, 107.6092
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam106
Wisata Buatan102
Wisata Budaya135
Taman Nasional8
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional