Joglosemar

Kawasan Joglosemar

KOTA YOGYAKARTA, DI Yogyakarta

Mau berwisata ke kota Yogyakarta, pasti gampang. Tidak perlu banyak persiapan, cukup badan kita sampai sana dahulu. Habis itu tinggal mengikuti langkah kaki saja sudah bisa merasakan wisata khas Yogyakarta. Begitulah kota yang dahulu sempat menjadi ibu kota negara ini. Bukan berarti semua tempat di Yogykarta menjadi destinasi wisata. Sebagian besar pengunjung kota gudeg ini ingin merasakan budaya Yogyakarta: keramahtamahan, tenteram,  jauh dari hiruk pikuk seperti kota besar lainya. Coba saja merasakan turun di Stasiun Tugu, cukup jalan kaki mengunjungi kawasan Malioboro, suasana hati kita akan merasakan enaknya di kota Yogyakarta.

Dinas Kebudayaan kota Yogyakarta sendiri mencatat destinasi wisata sejarah dan budaya ada lebih dari 30 macam. Wisata buatan pun mencapai angka yang sama. Jadi tidak usah kawatir kehabisan pilihan tempat yang dikunjungi. Dua hari pun serasa tidak cukup keliling kota Yogyakarta. Biasanya pengunjung kota Bakpia akan mengunjungi destinasi sejarah dan budaya seperti Candi Borobudur, Keraton, Candi Banyunibo yang sudah lama dikenal. Namun sekarang berkembang luas destinasi buatan atau minat khusus yang tidak kalah dengan kota-kota lain. Ada Taman Pelangi Monjali di komplek Monumen Jogja Kembali. Pengunjung bisa merasakan keindahan hiasan lampion yang menarik menjadi spot foto. Atau mengunjungi wisata keliling desa di Merapi menggunakan jeep ofroad atau motor trail yang menantang dan mengasikan sambil melihat alam Merapi nan sejuk.

Wisata lain yang sekarang tidak kalah menarik adalah mendatangi desa wisata yang banyak di areal Candi Borobudur. Pengunjung bisa merasakan denyut kehidupan warga desa sambil berkeliling menggunakan sepeda atau kuda yang bisa disewa. Sekitar sepuluh desa di dekat Candi Borobudur menjadi pilihan untuk ditinggali. Suasana tenang, damai khas pedesaan Yogyakarta menjadi daya tarik pengunjung menghabiskan waktu. Ada Desa Wanurejo dengan khas masyarakat membatik. Desa Majaksingi menawarkan sunrise trekking dan cycling sambil mengelilingi panaroma pedesaan. Desa Candirejo dengan khas pertanian yang belum tersentuh dunia modern. Desa Kenalan yang bagi yang ingin merasakan kesejukan hawa pegunungan di sekitar tempat kita menginap. Dan banyak desa lainya yang tidak kalah menarik.

Mengunjungi Kota Yogyakarta tidak akan kehabisan tempat berlibur karena daerah sekitar Kota Yogyakarta mudah dijangkau dan menawarkan sejuta pesona. Kawasan Bantul dengan ciri khas pantai dan wisata kuliner alamnya. Ada Candi Prambanan di Sleman  yang bisa sekaligus mengunjugi Candi Boko dan Candi Sewu. Ingin merasakan pantai selatan nan indah, mampirlah ke Gunungkidul. Kabupaten ini menawarkan sejumlah pantai yang enak dilihat dan sudah tentu spot foto yang sedap. Bukan itu saja ada pantai Wediombo  yang bisa untuk surfing.  Pantai Sadranan bila ingin merasakan snorkeling di pinggir pantai. Pantai Jungwok yang sekarang menjadi incaran anak muda berkemah di tepi pantai dengan pemandangan indahnya. Ada juga Pantai Sadeng bila kita ingin melihat kehidupan nelayan, apalagi pantai ini menjadi salah satu pusat penangkapan ikan terbesar di dekat Yogyakarta.


Cara Menuju Yogyakarta

Jalur Darat
Bila naik kereta, Stasiun Kereta Api Tugu dan Lempuyangan menjadi tujuan akhir pelancong dari arah Jakarta maupun kota lain di timur seperti Surabaya dan Malang. Jika dari Kota Solo bisa menumpang Kereta Pramex yang waktu kedatanganya sekarang semakin sering. Jika memilih menaiki bus ke Yogyakarta, Terminal Giwangan di tengah kota menjadi tujuan akhir.

Jalur Udara
Pengunjung menggunalan pesawat bisa langsung melalui Bandar Udara Internasional Adisutjipto  di Kabupaten Kulon Progo. Jika ingin langsung ke kota bisa menyewa kendaraan roda empatagar lebih nyaman. Jika ingin menggunakan kereta, pengunjung bisa langsung naik Kereta Pramex yang stasiunya juga berada di komplek Bandara. Pengunjung bisa langsung ke jurusan Malioboro atau stasiun lainya sesuai tujuan.

TIPS

* Hindari berlibur di masa liburan sekolah, kota Yogyakarta langsung ramai dan menimbulkan kemacetan.
* Lebih baik memilih penginapan di luar Yogyakarta bila memilih destinasi sekitar Yogyakarta agar menghindari kemacetan dalam kota.
* Rencanakan kelompokan destinasi wisata yang saling berdekatan agar menghemat waktu.
* Ada empat kabupaten saling berdekatan dengan Kota Yogyakarta : Bantul, Sleman, Gunungkidul, Kulon Progo, jadi buatlah rencana kunjungan dengan matang.
* Destinasi wisata Yogyakarta sangatlah banyak, agar bisa memilih dan mengetahui ciri khas destinasi, kunjungilah website resmi yang menjelaskan semua destinasi wisata Yogyakarta.

 

 



Destinasi lain di Kawasan DI Yogyakarta


Koordinat: -7.7975, 110.3707
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam225
Wisata Buatan152
Wisata Budaya272
Taman Nasional3
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional