Vihara Fu De Ci

Kawasan Bangka Belitung

KABUPATEN BELITUNG TIMUR, Kepulauan Bangka Belitung

Vihara termegah di pulau Belitung ini terletak di tengah pasar Kelapa Kampit, Belitung Timur namanya klenteng Fu De Ci Klapa Kampit. Saat ini menjadi salah satu kebanggan dan ikon di Kelapa Kampit. Kelenteng termegah yang menelan dana pembangunan dengan hitungan milyaran rupiah ini memiliki ornamen arsitektur ukir yang didatangkan dari negeri Tiongkok. 

Sama seperti kebanyakan klenteng, klenteng di Kelapa Kampit ini juga didesain dengan corak warna merah dan emas sebagaimana warna khas dari kepercayaan tionghoa. Hampir 90 persen material pembangunan kelenteng didatangkan langsung dari Cina, begitu juga dengan pekerja pembangunan kelenteng.

Kelenteng ini sudah 3 kali dilakukan renovasi , dan ini lah renovasi yang paling terbesar dan termahal. Peletakan batu pertama pembangunan kelenteng termegah ini dilakukan 4 tahun silam. Peletakan batu pertama dilakukan Bupati Beltim, yang saat itu dijabat oleh Khairul Efendi. Klenteng ini keberadaannya selain untuk tempat beribadah juga dapat dimanfaatkan sebagai destinasi wisata religi di Kabupaten Belitung Timur.

 

Sumber: TEMPO, Shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Kepulauan Bangka Belitung


Koordinat: -2.6880, 108.0799
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam183
Wisata Buatan32
Wisata Budaya53
Taman Nasional3
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional