Puri Tri Agung

Kawasan Bangka Belitung

KABUPATEN BANGKA, Kepulauan Bangka Belitung

Pagoda Vihara Puri Tri Agung adalah sebuah pantai yang terletak di kecamatan Parit Pandang, kota Sungailiat kabupaten Bangka provinsi Bangka Belitung. Pantai ini lebih dikenal dengan Pantai Tikus karena lokasi pagoda tepat berada didepan pantai Tikus. Pantai Pagoda Vihara Puri Tri Agung sendiri merupakan pantai paling panjang yang ada di kota Sungailiat.

Sebagian masyarakat mengenal pagoda vihara Puri Tri Agung ini dengan pagoda kuil saolin, hal ini sejak awal pembangunannya tidak adanya plakat nama di Pagoda Vihara Puri Tri Agung Pantai Tikus Bangka ini. Pagoda Puri Tri Agung Sungailiat Bangka dibangun dengan misi memperkenalkan ragam budaya yang ada di Pulau Bangka, Asal nama pagoda Puri Tri Agung melambangkan ajaran Tri Dharma. Ajaran Tri Dharma meliputi kongfuciusme, Buddhisme, Taoisme.

Pembangunan kuil ini sendiri telah berlangsung lebih dari 12 tahun. Pagoda Puri Tri Agung ini memiliki interior yang terbilang cukup mewah di tambah arsitektur bangunan yang kokok dan elegan Walaupun berupa rumah ibadat, namun siapapun diperbolehkan datang untuk mengenal ragam wisata religi yang ada di pulau Bangka. Dengan kehadiran Pagoda Vihara Puri Tri Agung Sungailiat Bangka ini, di harapkan dapat mengangkat objek wisata di pantai Tikus ini.


Sumber: TEMPO, Shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Kepulauan Bangka Belitung


Koordinat: -1.8996, 106.1840
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam179
Wisata Buatan32
Wisata Budaya53
Taman Nasional3
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional