Klenteng Hok Tek Che

Kawasan Bangka Belitung

KABUPATEN BELITUNG, Kepulauan Bangka Belitung

Pulau Bangka Belitung, banyak kelenteng-kelenteng bersejarah yang menjadi obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Kelenteng Hok Tek Che. Kelenteng ini sudah ditetapkan menjadi cagar budaya oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Belitung.

Kelenteng Hok Tek Che yang juga dikenal dengan nama Pak Kung Miau ini terletak di Jalan Let Jend  S. Parman (dahulu bernama Jalan Kelenteng), Tanjung Pandan, Belitung. Klenteng ini sudah ada sejak abad-19, yaitu sekitar tahun 1868.

Setiap tanggal 15 bulan 7 penanggalan Imlek (atau sekitar bulan Agustus penanggalan Masehi), Kelenteng ini biasanya menyelenggarakan Sembahyang Rebut atau Chit Ngiat Pan atau Chiong Shi Ku, warga tionghoa meyakini tanggal tersebut pintu akhirat terbuka (Khoi Kui Mun) dimana seluruh arwah akan turun ke bumi sejak bulan ke tujuh. Pada momentum tersebut umat Konghucu membawa sesajian. Sesajian tersebut ada yang diletakkan di depan replika Thai Se Ya, seperti babi panggang dan  sebagainya. Benda- benda untuk sesajian ada yang disimpan dalam wadah karung atau disebut karung sumpit. Ada juga yang menggunakan karung plastik. Isinya beragam, mulai dari beras, mie instant, buah-buahan hingga singkong pun ada. Sesajian tersebut diperebutkan lalu dibawa pulang usai sembahyang.

 

Sumber: TEMPO, Shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Kepulauan Bangka Belitung


Koordinat: -2.7427, 107.6315
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam179
Wisata Buatan32
Wisata Budaya53
Taman Nasional3
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional