Pantai Penyabong

Kawasan Bangka Belitung

KABUPATEN BELITUNG, Kepulauan Bangka Belitung

Di sebelah selatan Belitung, dapat ditemukan beberapa pantai yang indah. Salah satu pantai yang wajib dikunjungi di kawasan ini adalah Pantai Penyabong. Berlokasi di kecamatan Membalong, kabupaten Belitung, pantai Penyabong ini berjarak kurang lebih 70 KM dari Tanjung Pandan. 

Sebelum sampai pantai Penyabong, terlihat dua buah batu granit berukuran sangat besar dan menjulang tinggi menyeruak dari balik hutan lebat. Batu itu memiliki nama Batu Beginde. Di pantai yang berada di ujung selatan pulau Belitung ini, banyak terdapat pepohonan rindang dan bersuasana sejuk. Beberapa perahu nelayan yang bersandar pada teluk yang berada di sebelah kiri dari arah masuknya kendaraan.

Pantai Penyabong sama halnya dengan pantai–pantai yang ada di Belitung, ia memiiliki gugusan bebatuan granit yang sangat banyak bertebaran di sekitar pantai. Namun, yang membedakan pantai ini dengan pantai lainnya adalah adanya batu granit besar yang memanjang dan menyambung dengan batu granit lainnya dan menjorok ke arah laut yang menyerupai dermaga alami.

Pemandangan pulau-pulau yang berada di tengah laut menjadi sajian yang indah di pantai ini. Salah satu pulau yang bisa dilihat dari sini adalah Pulau Belatuk yang bentuknya memanjang  dan ditumbuhi pepohonan yang hijau. Menaiki batu granit dan melihat laut lepas menjadi hal yang menyenangkan di pantai ini. menikmati hembusan angin dan sejuknya suasana pantai membuat pengunjung ingin berlama-lama berada di pantai ini.


Sumber: TEMPO, Shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Kepulauan Bangka Belitung


Koordinat: -3.2385, 107.6402
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam178
Wisata Buatan33
Wisata Budaya53
Taman Nasional3
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional