Pantai Burung Mandi

Kawasan Bangka Belitung

KABUPATEN BELITUNG TIMUR, Kepulauan Bangka Belitung

Satu lagi lokasi pantai di Belitung yang indah dan natural. Nama pantai ini adalah pantai Burung Mandi. Pantai ini  terletak di  desa Burung Mandi,  kecamatan Damar, Belitung Timur, sekitar 20 kilometer dari kota Manggar, atau sekitar 70 kilometer dari bandara H. AS Hanandjoeddin. Dinamakan pantai Burung Mandi bukan karena di pantai ini ada banyak burung yang sedang mandi, tetapi karena di  dekatnya terdapat sebuah bukit yang disebut gunung Burung Mandi.

Memasuki kawasan pantai, pengunjung akan disambut oleh tugu 2 ekor burung yang menyampaikan ucapan selamat datang. Pantai Burung Mandi agak berbeda dengan kebanyakan pantai di Bangka Belitung. Pantai Burung Mandi memiliki garis pantai landai yang panjangnya sekitar 2 kilometer dengan pasir putih yang sangat halus, tetapi tidak memiliki batu-batu granit raksasa yang menjadi ciri khas pantai-pantai Bangka Belitung.

Bibir pantai Burung Mandi di tumbuhi dengan pohon-pohon kelapa yang rindangdan juga terdapat warung-warung yang letaknya dekat dengan pantai tersebut. Selain itu, anda akan melihat perahu-perahu nelayan atau yang disebut dengan Kater. 

Tak jauh dari bibir pantai, terdapat jembatan yang cukup panjang menuju ke tengah laut. Dari atas jembatan tersebut Anda bisa melihat air laut yang jernih hingga bebatuan dan pasir yang ada di dalamnya dapat terlihat jelas. Berjalan sedikit ke arah barat, dapat terlihat pulau yang ditutupi pohon-pohon bakau dan beberapa karang yang menjulang indah.


Sumber: TEMPO, Shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Kepulauan Bangka Belitung


Koordinat: -2.7393, 108.2478
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam182
Wisata Buatan33
Wisata Budaya50
Taman Nasional3
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional