Lombok

Kawasan Lombok

KABUPATEN LOMBOK TENGAH, Nusa Tenggara Barat

Pulau Lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara. Lombok secara geografis hampir sama ukurannya dengan Bali dan, seperti halnya daerah wisata populer di Bali, Lombok menawarkan berbagai tujuan wisata yang sesuai dengan selera wisatawan. Waktu terbaik untuk datang adalah di bulan Mei ketika cuaca siang hari yang cerah dan pemandangan yang hijau. Kota utama di pulau ini adalah Kota Mataram.

 

Topografi pulau ini didominasi oleh gunung berapi Rinjani yang ketinggiannya mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut dan menjadikannya gunung ketiga tertinggi di Indonesia. Daerah selatan pulau ini sebagian besar terdiri atas tanah subur yang dimanfaatkan untuk pertanian. Komoditas yang biasanya ditanam di daerah ini antara lain jagung, padi, kopi, tembakau dan kapas. Sekitar 80% penduduk pulau  ini adalah suku Sasak, sebuah suku bangsa yang masih dekat dengan suku bangsa Bali, tetapi sebagian besar memeluk agama Islam. Sisa penduduk adalah orang Bali, Jawa, Tionghoa dan Arab.

 

Lombok memiliki kain tenun terbaik seperti songket dan ikat yang dapat digunakan sebagai sarung, hiasan dinding, taplak meja dan banyak lagi. Desain tenun khusus untuk setiap penenun dan diwariskan dari generasi ke generasi. Ada desa tenun tangan tradisional di Puyung, Lombok Tengah. Anda bahkan dapat mencoba kostum tradisional Sasak.  

 

Banyumulek (Lombok Barat), Penujak (Lombok Tengah) dan Masbagik (Lombok Timur) adalah desa-desa terkenal di Lombok pembuat tembikar. Tembikar Lombok telah terkenal dan dikirimkan ke seluruh dunia. Ada banyak kerajinan tradisional sebagai suvenir diantaranya topeng kayu, keranjang yang terbuat dari rumput ketak, kotak kayu yang dirancang dengan potongan-potongan kerang, atau barang-barang lain yang terbuat dari bambu atau rotan.

 

Selain itu, Lombok juga terkenal dengan wisata pulau dan pantainya. Ada Pulau Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Ketiga pulau ini memiliki fitur: pantai berpasir putih yang luar biasa, air yang jernih, terumbu karang yang spektakuler, dan snorkeling dan menyelam terbaik. Sedangkan wisata pantainya ada pantai Kuta yang menarik pengunjung karena keindahan pantai dan tempat berselancar yang indah. Peselancar dari seluruh dunia menemukan Kuta sebagai surga peselancar. Pantai selatan Lombok terkenal dengan ombaknya yang tinggi. Wisata pantai lainnya adalah pantai Pink dan pantai Senggigi.

 

Untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan bagi wisatawan, di kawasan lombok telah berdiri sekitar 1108 hotel dan penginapan, 1617 restoran dan rumah makan, 55 lokasi karaoke, pub ,dan diskotik, serta terdapat 794 biro maupun agen perjalanan wisata.

 

Lombok adalah salah satu daerah wisata yang mempunyai infrastruktur transportasi yang memadai. Di Lombok kini sudah dibangun Bandar Udara Internasional Lombok (BIL) yang menggantikan fungsi Bandara Selaparang Mataram yang resmi ditutup pada 30 September 2011 lalu. Maskapai domestik yang dilayani diantaranya adalah Garuda Indonesia, Merpati Nusantara Airlines, Lion Air, Wings Air, Trigana Air, Batavia Air, dan Trans Nusa. Trans Nusa adalah maskapai yang melayani penerbangan untuk wilayah Makassar, Bali dan Nusa Tenggara. Sedangkan untuk penerbangan internasionalnya, tercatata dua maskapai yang sering hilir mudik yakni Silk Air yang terbang dari Singapura dan Air Asia untuk melayani penumpang yang berangkat dari Kuala Lumpur Malaysia. 

 

Selain bandara, pintu masuk ke Lombok dapat melalui pelabuhan laut Lembar yang menghubungkan Lembar Lombok dengan Padang Bai Bali. Pelabuhan ini juga melayani pelayaran antara pelabuhan Kayangan di Lombok Timur dan Tano di Pulau Sumbawa.

 

Untuk transportasi darat, bisa menggunakan taksi atau bus Damri yang memang dioperasikan oleh pemerintah setempat sebagai alternatif alat transportasi. Alternatif alat transportasi lainnya adalah bemo dan cidomo (cikar dokar dan motor). 

 

Cara menuju ke Lombok:
Transportasi udara
Dari Bandara Internasional Lombok inilah kita dapat melanjutkan perjalanan menuju tujuan wisata atau hotel sesuai dengan rencana Jika Anda belum memiliki layanan jemputan dari hotel atau travel agen, Anda tidak perlu khawatir karena di bandara ini ada banyak angkutan umum yang tersedia seperti taksi dan damri. Untuk taksi,
tarifnya tentu tergantung tujuan Anda. Sedangkan untuk damri, tarif dari bandara menuju Mataram adalah Rp. 15.000.
Transportasi laut
Bagi Anda yang tidak tidak ingin menggunakan pesawat terbang menuju
pulau Lombok, maka alternatif lain adalah melalui jalur laut. Ada dua pelabuhan di Bali yang sering digunakan wisatawan untuk menuju pulau Lombok yaitu Pelabuhan Padang Bai dan Tanjung Benoa Bali. Dari Padang Bai, Anda bisa menuju pelabuhan Lembar di Lombok yang melayani rute ke beberapa destinasi terbaik di Lombok seperti Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno menggunakan kapal cepat. Anda tidak perlu takut kehabisan tiket karena penyeberangan tersedia selama 24 jam setiap hari 
Selain menggunakan feri ke Pelabuhan Lembar, Anda juga dapat langsung menuju destinasi wisata di Lombok seperi Gili Trawangan dan Telu Kodek melalui Padang Bai dengan menggunakan kapal cepat (fast boat). Ada banyak kapal cepat yang tersedia untuk mengamodasi perjalanan Anda, tentunya dengan harga yang beragam pula. 
Transportasi Darat
Selain mode transportasi laut dan udara, ada satu lagi yang juga bisa menjadi pilihan Anda menuju ke Lombok yaitu dengan transportasi darat. Waktu penjalanan menggunakan bus dari Jakarta ke Lombok bisa
memakan waktu dua hari dua malam. Jika tidak, Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi dan menggunakan feri untuk menyeberang melalu Padang Bai ke Pelabuhan Lembar yang berjarak sekitar 1 jam perjalanan menuju Mataram



Destinasi lain di Kawasan Nusa Tenggara Barat


Koordinat: -8.6510, 116.3249
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam102
Wisata Buatan51
Wisata Budaya72
Taman Nasional3
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional