Danau Biru Kaolin

Kawasan Bangka Belitung

KABUPATEN BANGKA, Kepulauan Bangka Belitung

Belitung punya destinasi unik hasil dari operasi tambang, warga menyebut Danau Kaolin. Kaolin adalah sebuah mineral yang digunakan sebagai bahan baku industri seperti kosmetik dan pasta gigi. Danau Biru Kaolin di Tanjung Pinang terhampar luas di pinggir jalan Air Raya. Orang biasanya ngambil momen buat foto-foto. Orang biasanya sekalian lewat mengambil foto terus jalan lagi. Keindahan alam Kaolin ternyata turut membuat Belitung semakin terkenal.

Akses menuju lokasi wisata Danau Biru Kaolin dan tambang di Air Raya ini terbilang mudah. Para pengunjung dapat menjangkaunya hanya dalam 10 menit dari Bandara H.A.S. Hanandjoeddin di Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung. Namun, fasilitas angkutan umum menuju ke sana masih minim, sehingga disarankan untuk menyewa mobil. Kondisi jalan ke lokasi wisata terbilang bagus, sudah beraspal dan mulus. Lalu lintas di pusat kota juga terbilang lancar lantaran kepadatan masyarakat di Kabupaten Belitung ini masih terbilang lengang.

Lokasi Danau Kaolin cukup terik, datang antara jam delapan sampai sembilan pagi menjadi waktu yang pas. Selain matahari belum terlalu terik, air danau juga terlihat sangat biru dan tidak memantul. Pengunjung cukup melakukan foto dengan latar hamparan danau yang biru atau meminta izin menyusuri pinggiran danau. Tapi hati-hati jangan sampai tercebur.

 

sumber: TEMPO, Shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Kepulauan Bangka Belitung


Koordinat: -2.7383, 107.6817
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam183
Wisata Buatan32
Wisata Budaya53
Taman Nasional3
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional