MONUMEN VAN DER WIJCK LAMONGAN

Kawasan JAWA TIMUR

KABUPATEN LAMONGAN, Jawa Timur

 

Home

Wisata Indonesia

Jawa Timur

Lamongan

Daftar Tempat Wisata di Lamongan Jatim Terbaru

DAFTAR TEMPAT WISATA DI LAMONGAN JATIM TERBARU

 Nanda  Jawa TimurLamonganWisata Indonesia

Tempat wisata di Lamongan – Jika mendengar kata “Lamongan”, apa yang timbul di benak Anda pertama kali? Pecel Lele, atau malah Soto? Ya, Lamongan memang sangat terkenal dengan dua olahan kuliner tersebut. Konon, karena lezatnya olahan kuliner Pecel Lele dan Soto khas Lamongan, hampir tidak ada wilayah di Indonesia yang tidak memiliki warung Pecel Lele dan Soto Lamongan.

Di balik olahan kulinernya yang luar biasa lezat, Lamongan ternyata juga memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa lho! Kabupaten yang memiliki luas sekitar 1.782 km persegi ini memiliki banyak objek wisata menarik. Karena itu, tidak ada salahnya jika Anda menjadikan Lamongan sebagai destinasi tujuan wisata Anda saat liburan.

Sebelum kita kupas tuntas mengenai tempat wisata di Lamongan, ada baiknya kalau kita berkenalan terlebih dahulu dengan Kabupaten yang ada di Jawa Timur ini.

Secara geografis, Kabupaten Lamongan berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Gresik di timur, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang di selatan, serta Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban di barat. Kabupaten ini sendiri memiliki 27 kecamatan. Dan pusat pemerintahannya ada di Kecamatan Lamongan.

TEMPAT WISATA DI LAMONGAN YANG WAJIB DIKUNJUNGI

Beberapa tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi di Lamongan adalah sebagai berikut:

1. DESA SENDANG DUWUR

Alamat: Desa Sendang Duwur, Paciran, Kab. Lamongan

Desa Sendang Duwur via Detik

Desa Sendang Duwur via Detik

Desa Sendang Duwur merupakan desa tradisional yang masih lekat dengan budaya nenek moyang. Sampai saat ini mayoritas penduduk di Desa Sendang Duwur masih menjalankan budaya peninggalan nenek moyang mereka dahulu.Di waktu – waktu tertentu, masyarakat desa bahkanmasih mengadakan upacara sesembahan untuk menghormati arwah para leluhur.

Selain terkenal akan kearifan budaya yang dimilikinya, Desa Sendang Duwur juga sangat terkenal dengan hasil kerajinan tangan berbentuk batik tulis dan perhiasannya. Khusus untuk perhiasan, di desa ini Anda dapat membeli berbagai macam perhiasan dari bahan emas dan perak dengan harga yang relatif “lebih miring” dari harga pasaran.

Jika tertarik untuk berkunjung, Desa Sendang Duwur ada di daerah Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur. Lokasi desa ini tepat berada di pinggiran Laut Jawa. Oleh karenanya, saat berada di desa ini Anda akan bisa menikmati pemandangan ke arah Laut Jawa secara langsung.

2. WADUK GONDANG

Alamat: Desa Gondang Lor, Kecamatan Sugio, Lamongan

Waduk Gondang via @shahkemal

Waduk Gondang via @shahkemal

Tempat wisata di Lamongan yang selanjutnya adalah Waduk Gondang.

Waduk Gondang merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal di hari libur dan akhir pekan.

Selain berstatus sebagai tempat wisata, Wadung Gondang juga berfungsi sebagai waduk penampungan air yang digunakan untuk mengaliri ribuan hektar sawah di Lamongan.

Walaupun pengelolaan tempat wisata ini masih dijalankan secara tradisional, namun fasilitas dan wahana permainan yang tersedia di sini sudah tergolong cukup lengkap.

Untuk urusan fasilitas, dari mulai tepat duduk, tempat makan, sampai dengan tempat parkir, semuanya telah tersedia dengan baik.

Di lain sisi, untuk urusan wahana permainan, tempat wisata ini telah dilengkapi dengan wahana permainan sepeda air, area bermain anak – anak, lahan perkemahan, dan taman hewan mini.

Karena wahana permainan yang tersedia di waduk ini cukup banyak, jumlah aktivitas wisata yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke waduk ini juga cukup banyak. Di sini, wisatawan dapat bersantai bersama keluarga, memancing, berkunjung ke taman hewan mini, dan berkemah di lahan perkemahan yang tersedia.

Jika mau, pengunjung juga bisa berkeliling area waduk dengan menggunakan perahu nelayan.

Lokasi Waduk Gondang ada di Daerah Gondang Lor Sugio. Walaupun telah dilengkapi dengan fasilitas dan wahana permainan yang cukup lengkap, tiket masuk menuju ke waduk ini benar – benar sangat murah, yaitu hanya Rp. 2.000 saja per orang.

3. GOA MAHARANI

Alamat: Jl. raya Paciran, Kab. Lamongan

Goa Maharani via Youtube

Goa Maharani via Youtube

Jika Kota Jogja terkenal dengan wisata Goa Pindul, Lamongan sangat terkenal dengan wisata Goa Maharani.

Goa ini merupakan goa wisata yang menawarkan daya tarik utama berupa panorama stalaktit dan stalakmit yang sangat luar biasa. Saat terpapar cahaya, area stalaktit dan stalakmit gua ini akan memancarkan sinar warna – warna yang mempesona.

Walaupun berbentuk goa, tempat wisata di Lamongan yang satu ini juga telah dilengkapi dengan kebun binatang mini lho! Jadi, saat berkunjung ke objek wisata ini, selain dapat menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit yang ada di Goa, wisatawan juga dapat melihat berbagai macam spesies hewan yang ada di areal kebun binatangnya.

Untuk urusan fasilitas, Goa Maharani sudah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Areal bagian dalam goanya telah dilengkapi dengan anak tangga, sehingga aman dan nyaman untuk dikunjungi. Selain itu, fasilitas tambahan seperti toilet dan tempat parkir pun juga sudah tersedia dengan baik.

Bagaimana? Anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata ini? Jika ya, lokasinya ada di Jl. raya Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

Di hari normal, objek wisata ini buka setiap hari dari mulai pukul 08.30 sampai dengan pukul 16.30. Untuk tiket masuknya, hari Senin sampai Kamis dipatoki sebesar Rp. 25.000 per orang, sedangkan di luar hari tersebut tiketnya akan dinaikkan menjadi Rp. 30.000 per orang.

4. MAKAM SUNAN DRAJAT

Alamat: Daerah Drajat Paciran, Kab. Lamongan

Makam Sunan Drajat via zulviarumaida

Makam Sunan Drajat via zulviarumaida

Khusus untuk Anda yang beragama Islam (terutama yang berasal dari suku Jawa), Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Sunan Drajat. Ya, beliau adalah salah satu dari sembilan Sunan (Walisongo) yang berjasa menyebarkan ajaran agama Islam di Pulau Jawa, terutama di sekitar Kab. Lamongan.

Karena jasanya yang sangat banyak terhadap penyebaran Agama Islam di Lamongan, Sunan Drajat amat sangat dihormati oleh masyarakat sekitar. Hal ini terbukti dengan banyaknya warga yang berziarah ke makam Beliau.

Lokasi Makam Sunan Drajat ada di Daerah Drajat Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur. Jika Anda berangkat dari pusat Kota Lamongan, Anda harus menempuh perjalanan selama 2 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Menurut penuturan pengelola tempat ini, situs Makam Sunan Drajat ini sudah pernah mengalami pemugaran, yaitu di kisaran Tahun 1992 sampai dengan Tahun 1994 yang lalu.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke situs makam ini, Anda dapat mengunjunginya dari mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 18.00 sore tanpa perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali.

5. MUSEUM SUNAN DRAJAT

Alamat: Daerah Drajat Paciran, Kab. Lamongan

Museum Sunan Drajat via @yunisiswandiati

Museum Sunan Drajat via @yunisiswandiati

Lokasi Museum Sunan Drajat ada di kawasan Situs Makam Sunan Drajat. Karena lokasinya berdekatan, wisatawan yang berkunjung ke Makam Sunan Drajat biasanya akan menyempatkan diri untuk turut singgah ke museum ini.

Menurut penuturan pengelola tempat ini, Museum Sunan Drajat sengaja didirikan untuk mengenang dan menghormati jasa – jasa Sunan Drajat.

Di museum ini, Anda dapat melihat berbagai macam benda peninggalan Sunan Drajat, seperti Buku, Gamelan, Bedug, Baju Besi, Lintar, dan berbagai macam benda bersejarah lainnya.

6. PANTAI KODOK

Alamat: Jl. Raya Paciran, Lamongan

Pantai Tanjung Kodok

Pantai Tanjung Kodok

Lamongan merupakan Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Oleh karenanya, sangat tidak mengherankan jika Kabupaten ini sangat kaya akan objek wisata pantai.

Nah, salah satu objek wisata pantai di Lamongan yang cukup populer di kalangan wisatawan adalah Pantai Kodok.

Berbeda dengan kebanyakan destinasi wisata pantai lain yang kawasannya didominasi oleh area pasir putih yang halus, kawasan Pantai Kodok dipenuhi dengan tebing karang dan batu cadas.

Jika dilihat sekilas, bebatuan karang yang ada di pantai ini cenderung terlihat mirip dengan kodok. Itulah kenapa pantai ini dinamai sebagai pantai kodok.

Fasilitas wisata yang tersedia di pantai ini sudah tergolong cukup memadai. Dari mulai tempat parkir, tempat duduk dan tempat bersantai, sampai dengan tempat makan, semuanya telah tersedia di pantai yang berlokasi di Jl. Raya Paciran ini.

Secara keseluruhan, kondisi alam pantai ini masih tergolong cukup asri dan terjaga dengan baik. Air pantainya masih tergolong cukup jernih. Selain itu, arealnya juga sangat bersih, sehingga nyaman untuk dijadikan sebagai tempat bersantai.

Oh ia, karena lokasi pantai ini ada di pinggiran Pulau Jawa, setiap tahunnya pantai ini selalu menjadi langganan ahli rukyat untuk melihat hilal penentu waktu puasa dan hari raya.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjunginya?

7. MAZOLA (MAHARANI ZOO LAMONGAN)

Alamat: Jl. Raya Paciran, Paciran, Kabupaten Lamongan

Maharani Zoo Lamongan via Wisatajatim

Maharani Zoo Lamongan via Wisatajatim

Tempat wisata di Lamongan yang selanjutnya adalah Mazola. Mazola merupakan singkatan dari Maharani Zoo Lamongan, alias Kebun Binatang Maharani Lamongan. Objek wisata ini masih satu lokasi dengan objek wisata Goa Maharani yang telah kita bahas sebelumnya.

Mazola memiliki koleksi hewan yang cukup lengkap. Dari mulai unggas sampai dengan mamalia besar seperti gajah, semuanya telah tersedia di kebun binatang ini.

Tidak hanya itu, kebun binatang ini juga telah dilengkapi dengan beberapa galeri dan wahana permainan. Sebut saja, stone gallery dan gajah tunggang, dua wahana permainan ini sangat banyak diminati oleh para wisatawan yang berkunjung ke sini.

Untuk urusan fasilitas, kebun binatang Mazola sudah dilengkapi dengan fasilitas wisata yang sangat lengkap. Dari mulai tempat parkir, toilet, sampai dengan tempat makan, semuanya telah tersedia di sini.

Jam operasional Mazola dimulai pada pukul 08.30 dan berakhir pada pukul 16.30. Di hari kerja (Senin sampai Kamis), tiket masuknya dibanderol di angka Rp. 40.000, sedangkan di hari libur dan akhir penak (Jumat sampai Minggu), tiket masuknya dibanderol di angka Rp. 60.000 per orang.

8. MAKAM DEWI SEKARDADU

Alamat: Gondang Lor, Kec. Paciran, Kab. Lamongan

Makam Dewi Sekardadu

Makam Dewi Sekardadu

Selain Situs Makan Sunan Drajat, masih ada satu lagi situs makam yang sangat cukup menarik untuk disambangi, yaitu Makam Dewi Sekardadu.

Dewi Sekardadu merupakan ibu dari Sunan Giri, yaitu salah satu dari sembilan sunan yang berperan dalam proses penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. Beliau kabarnya juga merupakan salah satu orang yang berperan besar dalam terbentuknya Kota Lamongan.

Sama seperti Makam Sunan Drajat, Makam Dewi Sekardadu juga sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melaksanakan ziarah.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi situs makam ini, lokasinya ada di Daerah Gondang Lor, Kec. Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur.Lokasi ini hanya beberapa ratus meter dari lokasi Waduk Gondang yang telah kita bahas sebelumnya, sehingga Anda pasti tidak akan menemui kesulitan untuk menemukannya.

9. MASJID SENDANG DUWUR

Alamat: Desa Sendang Duwur, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan

Masjid Sendang Duwur via Youtube

Masjid Sendang Duwur via Youtube

Tempat wisata di Lamongan yang selanjutnya adalah Masjid Sendang Duwur.

Masjid Sendang Duwur merupakan salah satu bangunan masjid tertua yang ada di Lamongan. Masjid ini merupakan masjid peninggalan Sunan Sendang Duwur yang menjadi bukti perjuangan Beliau dalam menyebarkan ajaran Agama Islam di Daerah Tuban dan Lamongan.

Selain bergelar “masjid tertua di Lamongan”, Masjid Sendang Duwur juga terkenal akan cerita mitos yang dimilikinya. Menurut informasi yang beredar, bangunan masjid ini dulunya berlokasi di Mantingan. Karena suatu hal tertentu, masjid ini dipindahkan oleh Sunan Sendang Duwur ke Bukit Amitunon (lokasinya sekarang) seorang diri dalam waktu semalam.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke masjid ini, lokasinya ada di Desa Sendang Duwur (Desa wisata yang telah kita bahas sebelumnya). Oleh sebab itu, jika Anda berkunjung ke Desa Sendang Duwur, jangan lupa untuk singgah ke masjid ini.

10. WISATA BAHARI LAMONGAN

Alamat: Jl. Paciran, Kab. Lamongan

Keceriaan di Objek Wisata Bahari Lamongan

Keceriaan di Objek Wisata Bahari Lamongan

Objek Wisata Bahari Lamongan terletak di Jl. Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur. Objek wisata ini merupakan salah satu objek wisata paling ikonik di Kab. Lamongan dan Provinsi Jawa Timur.

Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai macam wahana permainan yang sangat menarik. Dari mulai wahana istana bawah laut, Texas City, sampai dengan Anjungan Walisongo, semuanya telah tersedia dan dapat dikunjungi di sini.

Tidak hanya itu, objek Wisata Bahari Lamongan juga memiliki pintu masuk yang sangat unik dan ikonik, yaitu berbentuk kepiting. Karena bentuk pintu masuknya yang sangat unik ini, banyak pengunjung objek wisata ini yang tertarik untuk berfoto di bagian depannya.

Di hari normal, Objek Wisata Bahari Lamongan beroperasi setiap hari dari mulai pukul 08.30 pagi sampai dengan pukul 16.30 pagi. Tiket masuk ke objek wisata ini dibedakan antara hari kerja dan hari libur. Di hari kerja (Senin sampai Kamis), tiket masuknya ditetapkan sebesar Rp. 49.000, sedangkan di akhir pekan (Jumat sampai Minggu) dan hari libur, tiket masuknya dinaikkan menjadi Rp. 100.000 per orang.

Simak selengkapnya: Wisata Bahari Lamongan, Wahana Bermain Seru Keluarga

11. SUKODADI CARNIVAL

Alamat: Jl. Pantura No.38, Sukodadi, Lamongan

Sukodadi Carnival via Sukodadicarnaval

Sukodadi Carnival via Sukodadicarnaval

Tempat wisata di Lamongan yang berikutnya adalah Sukodadi Carnival.

Sukodadi Carnival merupakan objek wisata baru yang cukup populer di kalangan masyarakat Lamongan. Objek wisata ini menawarkan berbagai macam wahana permainan keluarga yang mengusung konsep campuran modern dan tradisional.

Tidak hanya menawarkan beranekaragam wahana permainan, pengelola objek wisata ini juga turut menawarkan pertunjukan sirkus dan budaya.

Walaupun masih tergolong baru, fasilitas wisata yang tersedia di objek wisata Sukodadi Carnival sudah tergolong cukup lengkap. Dari mulai toilet, tempat parkir, sampai dengan tempat makan, semuanya telah tersedia di tempat ini.

Jika Anda tertarik untuk menikmati sajian wisata yang ada di tempat ini, lokasinya ada di Jl. Pantura No. 38, Sukodadi, Lamongan. Objek wisata ini buka setiap hari dari mulai pukul 10.00 pagi sampai dengan pukul 22.00 malam.

Saat artikel ini ditulis, tiket masuknya masih digratiskan. Pengunjung baru diminta untuk membayar tiket masuk saat ingin menggunakan wahana permainan yang tersedia.

12. PANTAI KUTANG

Alamat: Dukuh Kentong, Desa Labuhan, Kec. Brondong, Brengkok, Lamongan

Pantai Kutang via @zakiyahmuhaimin

Pantai Kutang via @zakiyahmuhaimin

Nama objek wisata yang satu ini memang agak “nyeleneh”. Walaupun begitu, pantai ini memiliki panorama alam yang cukup memukau, yaitu berupa perpaduan pantai pasir putih dan hutan mangrove yang luas.

Secara keseluruhan, aktivitas wisata yang dapat dilakukan di pantai ini tergolong sangat banyak. Dari mulai bermain pasir, bermain air, memancing, sampai dengan bermain ayunan di akar pohon mangrove, semuanya bisa dilakukan di sini.

Karena masih baru, fasilitas wisata yang tersedia di pantai ini masih tergolong belum lengkap. Kabar baiknya, untuk masuk ke objek wisata yang berlokasi di Dukuh Kentong, Desa Labuhan, Kec. Brondong, Brengkok, Lamongan ini, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam – dalam. Pasalnya, biaya tiket masuknya benar – benar sangat murah, yaitu hanya Rp. 2000 saja.

13. BENDUNGAN BABAT

Alamat: Kendal, Sekaran, Lamongan

Bendungan Babat via Panoramio

Bendungan Babat via Panoramio

Tempat wisata di Lamongan yang satu ini berlokasi di daerah Kendal, Sekaran, Lamongan. Tempat ini sejatinya adalah bendungan raksasa yang difungsikan untuk mengendalikan arus Sungai Bengawan Solo.

Bendungan ini juga berguna sebagai pemasok air untuk areal persawahan yang ada di daerah Rawa Jabung dan Sudetan Bengawan.

Karena ukurannya yang sangat besar, bendungan ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal untuk sekedar bersantai dan melepas penat di pagi dan sore hari.

Beberapa pengunjung yang datang ke bendungan ini terkadang juga turut membawa pancing untuk menangkap ikan di aliran Sungai Bengawan Solo.

Jika Anda tertarik untuk singgah ke Bendungan Babat, waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah di pagi dan sore hari, yaitu sebelum matahari terik dan setelah matahari mulai redup.

Karena tempat ini adalah tempat umum, untuk masuk ke tempat ini, Anda tidak perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali.

14. MONUMEN VAN DER WIJCK LAMONGAN

Alamat: Jl. Tuban – Gresik, Sedayulawas, Brondong, Lamongan

Monumen Van Der Wijck Lamongan via @anunk.januri

Monumen Van Der Wijck Lamongan via @anunk.januri

Pernah menonton film “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck”? Nah, monumen ini merupakan monumen yang didirikan untuk memperingati tenggelamnya kapal tersebut.

Untuk Anda yang belum tahu, Kapal Van Der Wijck merupakan kapal uap milik KPM yang tenggelam di perairan Jawa.Karena tragisnya kejadian tersebut, KPM yang merupakan cikal bakal Pelayaran Nasional Indonesia akhirnya mendirikan Monumen Van Der Wijck di Lamongan.

Jika dihitung, saat ini Monumen Van Der Wijck telah berusia lebih dari 70 tahun.

Nah, jika Anda ingin mengunjungi monumen ini untuk sekedar berfoto, lokasinya ada di Jl. Tuban – Gresik, Sedayulawas, Brondong, Lamongan, Jawa Timur.



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -6.8754, 112.2891
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam627
Wisata Buatan424
Wisata Budaya285
Taman Nasional14
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional