KLENTENG KIM HIN KIONG

Kawasan JAWA TIMUR

KABUPATEN GRESIK, Jawa Timur

Klenteng Kim Hin Kiong terletak di Jalan Dr. Setia Budi Gang Klenteng No. 56 Kelurahan Pulo Pancikan, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik. Klenteng ini berada di sebuah gang di perkampungan pecinan yang sekarang mulai berbaur dengan perkampungan Arab. Letaknya yang berdekatan dengan alun-alun Gresik membuat klenteng ini mudah untuk dikunjungi.

Menurut beberapa keterangan sejarah, Klenteng Kim Hin Kiong merupakan klenteng tertua di Jawa Timur, yang sudah ada pada zaman Majapahit. Usianya diperkirakan mencapai 379 tahun. Konon, klenteng ini dibangun oleh orang-orang Tiongkok yang merantau, dan kemudian menetap  di Gresik.

Meskipun Klenteng Kim Hin Kiong tidaklah begitu besar, akan tetapi memiliki arsitektur yang khas dengan dominasi warna merah dan kuning. Di bagian depan klenteng terdapat gerbang kecil dan tidak begitu tinggi yang bertuliskan Tempat Ibadat Tri Dharma Gresik Kim Hin Kiong, serta di sebelah kiri dan kanannya terdapat pagoda, juga ada dua patung singa (cok say).

Pada ruang utama, terdapat altar untuk memuja patung/arca Dewa Thian San Seng Boo yang di sekelilingnya diberi ornamen dan perlengkapan sembahyang. Pada bagian plafon dihiasi dengan aneka lampion khas Cina, sedangkan, di bagian sisi tengahnya terdapat sebuah hiolo yang lumayan besar berwarna keemasan. Di samping kiri kanan hiolo terdapat ornamen kepala naga yang ditopang oleh empat kaki hiolo.

Di bagian kanan dari pintu gerbang, terdapat altar pemujaan. Sedangkan di sebelah kiri dari bangunan utama klenteng, terdapat halaman yang diperuntukkan parkir yang dilengkapi dengan sarana untuk menampilkan wayang Po Te Hi. Meski berusia tua, namun klenteng ini masih cukup terawatt dan menarik.



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -7.1581, 112.6577
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam637
Wisata Buatan410
Wisata Budaya259
Taman Nasional14
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional