PASAREAN SYAICHONA MOCH. CHOLIL BIN ABDUL LATIEF

Kawasan JAWA TIMUR

KABUPATEN BANGKALAN, Jawa Timur

Pulau Madura memang banyak sekali menyimpan destinasi objek wisata religi, khususnya di Kabupaten Bangkalan. Jika beberapa waktu yang lalu kami memposting tulisan tentang Pesarean Rato Ebu kali ini kami mencoba mengupas tentang Objek Wisata Religi Masjid Syaichona Cholil. Masjid seorang guru dari semua guru di negeri ini.

 

Berjarak sekitar 2 km dari pusat kota Bangkalan dan berdekatan dengan Pantai Sambilangan, berdiri sebuah masjid sekaligus simbol masyarakat Bangkalan. Segala hal yang berkaitan dengan Pesarean dan masjid Syaichona Cholil menjadi interaksi sosial dan budaya bagi masyarakat Bangkalan tidak hanya sebagai bangunan biasa saja. Seperti ada hubungan yang sangat kuat antara makam Beliau, Masjid dengan masyarakat sekitar.

 

Akses jalan menuju masjid pun sangat nyaman untuk dilalui oleh kendaraan, sudah banyak penujuk jalan yang sengaja disediakan pemerintah daerah setempat untuk memudahkan kedatangan para peziarah. Dari arah Jembatan Suramadu maupun pelabuhan Kamal anda cukup mengikuti penunjuk jalan menuju pusat kota Bangkalan

 

Masjid Syaichona Cholil terletak di desa Martajasah Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan merupakan masjid yang paling diagungkan oleh masyarakat Bangkalan. Bukan karena bangunan arsitektur yang sangat megah namun di dekat masjid terdapat makam seorang alim ulama yang sangat disegani. Tidak hanya oleh masyarakat Bangkalan saja bahkan hampir seluruh masyarakat Pulau Madura dan negeri ini.

 

KH. Moch Cholil telah dikenal sebagai Waliullah dan sebagai guru besar di Madura atau bahkan di Indonesia. Selain datang untuk berziarah ke makam tersebut para peziarah dan wisatawan juga datang berkunjung untuk merasakan sholat di Masjid Syaichona Moh. Cholil yang telah mengalami renovasi



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -7.0384, 112.9137
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam627
Wisata Buatan427
Wisata Budaya286
Taman Nasional14
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional