Taman Batu

Kawasan Wakatobi

KABUPATEN WAKATOBI, Sulawesi Tenggara

Salah satu daya tarik di Taman Nasional Wakatobi, khususnya di pulau Binongko, adalah Taman Batu di Tanduna. Taman Batu berada di bagian paling timur pulau Binongko yang lokasinya tidak jauh dari Desa Haka Kecamatan Togo Binongko. Batu karang berwarna hitam itu membentang luas tak jauh dari bibir pantai. Masih banyak misteri yang menyelimuti tempat ini.

Lokasi ini dikeramatkan oleh warga dan diusulkan menjadi kawasan perlindungan. Keunikan Taman Batu ini berupa hamparan batu karang berwarna hitam berukuran sangat besar sepanjang 500 meter serta di atas bukit terdapat tembok benteng dari susunan karang berwarna hitam, Batu-batu karang sebesar mobil itu seperti tertata di perbukitan yang berbatasan dengan pantai. Dulu, tembok benteng setinggi 150 sentimeter itu untuk melindungi masyarakat dari perompak. Namun, sejak 1960-an, permukiman tersebut ditinggalkan warga.  

Alam disekitar Taman Batu ini menambah pesona pemandangan. Lautan luas terpampang jelas dihadapan Taman Batu. Air laut yang super jernih semakin memperelok lokasi ini. Bahkan alam sekitar Taman Batu ini masih natural dan keasliannya hingga kini masih terjaga. Tak ada gazebo atau tempat peristirahatan yang tersedia di lokasi ini. Di sekitar Taman Batu terdapat menara mercusuar serta ekosistem tanaman mangrove.

 

Sumber: TEMPO, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wakatobi



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Tenggara


Koordinat: -5.9414, 124.0472
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam31
Wisata Buatan13
Wisata Budaya11
Taman Nasional4
  • Share Via