Pulau Sumanga

Kawasan Wakatobi

KABUPATEN WAKATOBI, Sulawesi Tenggara

Pulau Sumanga, terletak dibagian paling selatan pulau Wangi-wangi, berada dalam wilayah administrasi desa Liya Togo, kecamatan Wangi-Wangi Selatan, kabupaten Wakatobi. Akses menuju Pulau Sumanga juga terbilang mudah, bisa dengan menyewa kapal nelayan yang ada di Desa Liya Togo dan nanti pengunjung bisa langsung diantarkan oleh nelayan disana. Perjalanan laut ditempuh dalam waktu kurang lebih 15menit.

Pulau ini sangat indah dan eksotis. Hamparan pasir putih yang sangat tebal disetiap pesisir pantainya serta banyaknya pohon cemara yang tumbuh subur di pulau ini, menjadikannya sebagai tempat rekreasi sekaligus tempat bermain pasir yang sangat menyenangkan. Terdapat pula palung laut di bagian timur laut pulau dengan kedalaman antara 20 meter sampai dengan 200 meter. Pada palung laut tersebut terdapat potensi terumbu karang, biota laut dan lainnya yang masih dalam keadaan utuh

Terdapat pula satu pondok kecil yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat sambil melihat keindahan disekitar pulau. Karena pulau ini tidak berpenghuni jadi tidak ada tempat makan atau warung-warung yang berjualan oleh karena itu jangan lupa membawa makanan atau minum.


Sumber: TEMPO, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wakatobi



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Tenggara


Koordinat: -5.3881, 123.6333
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam31
Wisata Buatan13
Wisata Budaya11
Taman Nasional4
  • Share Via