One Melangka

Kawasan Wakatobi

KABUPATEN WAKATOBI, Sulawesi Tenggara

One Melangka merupakan nama sebuah pantai di kecamatan Togo Binongko, pulau Binongko, kabupaten Wakatobi.. Masyarakat Binongko menyebut pantai ini sebagai One Melangka yang mempunyai arti pasir panjang karena pantai ini memiliki panjang sekitar 4 Km. Di pantai ini juga merupakan tempat bagi penyu untuk bertelur,

Sepanjang mata memandang kita disuguhi dengan pemandangan pasirnya yang putih diiringi dengan angin laut yang sepoi-sepoi dan nyiur hijau melampai. Membuat kita betah untuk berlama-lama di pantai. Belum lagi air laut yang jernih dan karang yang begitu indah.

Situs menyelam pantai One Melangka memiliki akses yang mudah. Anda dapat langsung melompat di titik manapun sekitar 60 m dari pantai pasir putih. Karang berwarna-warni bersinar melalui air dangkal, menjadikannya tempat yang ideal untuk snorkeling.

Snorkeling sering melihat sinar elang di dekat bibir karang. Penyelaman dapat diakses dari pantai; Namun, menggunakan perahu untuk mencapai perairan yang lebih dalam dianjurkan. Ikan bandeng, kerapu dan kakap dapat terlihat berenang di dekat dinding, sementara kura-kura, ikan Napoleon, dan parrotfish gabus juga sering ditemukan.

Pantai One Melangka terletak diantara desa Taipabu dan desa Popalia. Dapat ditempuh dengan perjalanan darat dari Rukuwa (ibukota kecamatan Binongko) kurang lebih 1 jam. Atau langsung dari Popalia (ibukota kecamatan Togo Binongko). Untuk mengakses ke Pulau Binongko dapat ditempuh melalui laut.

 

sumber: TEMPO, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wakatobi



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Tenggara


Koordinat: -5.3614, 123.5700
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam31
Wisata Buatan13
Wisata Budaya11
Taman Nasional4
  • Share Via