Pulau Runduma

Kawasan Wakatobi

KABUPATEN WAKATOBI, Sulawesi Tenggara

Pulau Runduma adalah surga bagi penyu. Disebut demikian karena di pulau berpasir putih ini, penyu bebas beranak-pinak membentuk koloni, tanpa gangguan manusia. Pulau di tengah laut Banda ini termasuk wilayah kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Pulau Runduma menjadi tempat favorit bertelurnya puluhan penyu dan kini menjadi lokasi konservasi penyu.

Khusus penyu, di sebelah Pulau Runduma terdapat pulau kecil yang sama sekali tidak berpenghuni. Di pulau tanpa nama, rakyat Runduma membiarkan penyu-penyu bertelur. Untuk mengawasi perkembangbiakan penyu, pengawas dari Taman Nasional Wakatobi setiap bulan melakukan kunjungan. Tujuannya untuk melihat, sekaligus menghitung pertambahan populasi penyu di sekitar pulau tersebut. 

Agar populasi penyu tetap terpelihara dengan baik di Pulau Runduma, Bupati Wakatobi, Hugua, terus meningkatkan pengawasan, baik pengawasan pihak Taman Nasional Wakatobi, instansi teknis terkait maupun kelompok masyarakat yang sudah mendapat pembinaan. 

Pulau Runduma merupakan satu pulau di wilayah Wakatobi yang paling terlihat unik karena membentuk ''love". Dari foto satelit akan nampak pulau Runduma yang khas menyerupai model love.  Pemandangan lain yang akan terlihat adalah hamparan pasir nan putih yang memanjang pada pesisir pantainya.

 

Sumber: TEMPO, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wakatobi



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Tenggara


Koordinat: -5.3396, 124.3449
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam31
Wisata Buatan13
Wisata Budaya11
Taman Nasional4
  • Share Via