Desa Wisata Pajam

Kawasan Wakatobi

KABUPATEN WAKATOBI, Sulawesi Tenggara

Kawasan Wakatobi tidak hanya memiliki wisata bahari, ada satu tempat memberi atmosfer wisata lain. Desa Pajam, yang terletak di Pulau Kaledupa ini asalnya dua desa yaitu Palea dan Jamaraka. Pengunjung yang ingin mendatangi desa wisata Pajam bisa melalui pulau Wangi-wangi. Jangan lupa berangkat lebih pagi karena menyeberang dari Wangi-wangi menghabiskan empat jam menggunakan kapal.

Masyarakat Desa Pajam ini terkenal dengan budidaya tenun khas Kaledupa sampai pemerintah menetapkan Desa Pajam ini sebagai pusat kerajinan tenun atau Weaving Handicraft Center yang menjadisalah satu kawasan Ecotourism. Desa Pajam yang masuk kawasan Benteng Palea ini Pengunjung bisa menyaksikan langsung cara warga melakukan praktek tenun yang dilakukan secara manual. Dari proses menggulung benang sampai proses menenun pengunjung bisa ikut melakukan praktek menggunakan alat tenun milik warga.

Destinasi lain di desa wisata Pajam yang tak kalah menariknya dengan mendatangi Benteng Kamali. Benteng berdekatan dengan rumah warga ini mempunyai  dua bangunan yaitu sebelah kiri benteng dan aula di sisi tengah berupa pohon mati dan tumpukan batu yang menjadi pembatas dengan rumah warga. Benteng lainya bernama Benteng Palea yang juga sering dikunjungi pelancong dari luar Pajam.

 

Sumber: TEMPO, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wakatobi



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Tenggara


Koordinat: -5.5551, 123.7891
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam32
Wisata Buatan12
Wisata Budaya11
Taman Nasional4
  • Share Via