Puncak Kahinga

Kawasan Wakatobi

KABUPATEN WAKATOBI, Sulawesi Tenggara

Selain atraksi bahari yang eksotik, kabupaten Wakatobi juga menyimpan tempat wisata alam lainnya. Rujukannya yaitu puncak Kahianga. Terletak di kecamatan Tomia Timur dan menjadi tempat yang populer untuk berbagai aktivitas menyenangkan. Pemandangan alam yang terlihat dari puncak Kahianga ini sangat luar biasa keindahannya. Lokasi ini dapat tempuh dengan roda dua atau roda empat, dan sekitar 20 menit dari ibukota kecamatan Tomia Timur.

Dengan lokasi geografis yang sangat strategis memungkinkan pengunjung dapat melihat secara langsung keempat pulau yang mengapit pulau Tomia dari arah selatan dan tenggara, pulau Binongko pulau Lentea, pulau Tolandona dan pulau Sawa. Selain itu juga di puncak ini masih bisa ditemukan beberapa fosil kerang raksasa dengan diameter 150 cm yang membatu di antara rumput dan masih terlihat utuh.

Pemandangan alam yang terlihat dari puncak Kahianga ini sangat luar biasa keindahannya. Fitur pertama adalah savana dengan rumput yang rimbun. Oleh karena itu, pengunjung bisa mendaki dan mencapai puncak bukit dengan nyaman. Sebuah trekking kecil tidak akan menghabiskan banyak energi dan waktu juga. Begitu mereka mencapai puncak, mereka bisa melihat tanda tengara Tomia. Huruf terdiri dari tiga warna, yaitu oranye, merah, dan hijau. Ini menjadi pertanda bahwa pengunjung telah mencapai tempat terbaik untuk berwisata.

 

Sumber: TEMPO, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wakatobi



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Tenggara


Koordinat: -5.7366, 123.9471
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam32
Wisata Buatan12
Wisata Budaya11
Taman Nasional4
  • Share Via