Tari Balumpa

Kawasan Wakatobi

KABUPATEN WAKATOBI, Sulawesi Tenggara

Tarian tradisional satu ini merupakan tarian penyambutan yang khas dari Sulawesi Tenggara, namanya Tari Balumpa. Tarian Balumpa adalah tarian tradisional yang berasal dari daerah kabupaten Wakatobi, yaitu daerah Binongko dan Buton provinsi Sulawesi Tenggara.

Tari Balumpa adalah tarian tradisional yang mencerminkan kegembiraan masyarakat nelayan Binongko dan Buton dalam menghadapi ombak demi menafkahi keluarga. Tarian ini termasuk tarian pergaulan yang ditampilkan oleh penari wanita dan biasanya dipertunjukan untuk menyambut kedatangan tamu kehormatan dari luar daerah yang datang ke kepulauan Binongko pada khususnya dan kabupaten Wakatobi serta provinsi Sulawesi Tenggara pada umumnya. 

Adapun makna dari tarian Balumpa menggambarkan rasa gembira dan kelemah lembutan serta keramah tamahan masyarakat Wakatobi dalam menyambut tamu.Namun pada saat ini Tari Balumpa tidak hanya digunakan untuk menyambut tamu, tapi juga ditampilkan pada berbagai acara-acara besar di Wakatobi seperti penyambutan tamu penting, pertunjukan seni, dan festival budaya dengan tujuan untuk menghibur para wisatawan.

Tari Balumpa dilakukan oleh 6 hingga 8 orang penari, baik berpasangan antara penari laki-laki atau perempuan, atau semuanya penari perempuan. Gerakan tari Balumpa ini didominasi oleh gerakan tangan dan gerak tubuh serta juga gerak ayunan kaki dengan ekspresi yang gembira, sehingga tari ini terlihat indah dan ramah.

 

Sumber: TEMPO, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wakatobi



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Tenggara


Koordinat: -5.9481, 124.0223
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam32
Wisata Buatan12
Wisata Budaya11
Taman Nasional4
  • Share Via