Gua Kelelawar

Kawasan Wakatobi

KABUPATEN WAKATOBI, Sulawesi Tenggara

Wakatobi tidak melulu tentang pantai dan pemandangan bawah laut. Di kawasan wisata ini tepatnya di Pulau Kapota, pengunjung dapat menjelajahi wisata Gua. Namanya Goa Kelelawar terletak di Pulau Kapota, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Sesuai namanya, gua ini terdapat banyak kelelawar didalamnya. Untuk sampai ke Gua ini, wisatawan dapat menggunakan perahu tradisional sekitar 20 menit dari Pulau Wangi-Wangi, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 20 menit ataupun dengan menaiki kendaraan roda dua sekitar 5 menit dari pemukiman penduduk.

Pintu Gua memiliki ukuran lebar sepanjang 7 meter dan tinggi 12 meter, dengan 4 ruangan di dalam gua yang dipenuhi stalagmit dan stalaktit serta terdapat ratusan kelelawar bergelantungan diatas langit-langit gua memberi daya tarik tersendiri. Tidak jauh dari gua ini terdapat Pohon Kelapa Bercabang dan beberapa hutan bambu yang rindang. Sehingga sangat menarik untuk berkunjung kesana, dan  merupakan salah satu objek wisata bagi yang suka berpetualangan dengan bejlana kaki atau mendaki.

Selain Gua Kelelawar dengan pantainya yang indah, di sekitar Pulau Kapota ini memiliki objek wisata lainnya, diantaranya, mata air Kolowowa, Pantai Pasir Putih, Pantai Kolowowa, Pantai Umala, pantai Berpasir I (dekat desa Kabita), Pantai Berpasir II (dekat Desa Kapota Utara), Pantai Aowolio, Pantai Onemeha, Pantai Kampa, Benteng Katiama, Benteng Togo Molengo, Batu Banakawa, Watu Sahu’u, Saru’saru’a, Watu Lulu dan Watu Ndengundengu.

 

Sumber: TEMPO, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wakatobi



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Tenggara


Koordinat: -5.3553, 123.4888
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam31
Wisata Buatan13
Wisata Budaya11
Taman Nasional4
  • Share Via