Telaga Kontamale

Kawasan Wakatobi

KABUPATEN WAKATOBI, Sulawesi Tenggara

Namanya Kontamale, yang berarti pemandian, telaga atau danau. Pemandian ini termasuk kedalam salah satu destinasi wisata yang ada di kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Tepatnya di pulau Wangi-wangi, pulau yang lebih sering disebut pulau Wanci oleh warga sekitar.

Permandian Kontamale tersebut terbentuk secara alami dan terdapat beberapa gua-gua kecil yang tersambung langsung hingga kelautan menurut warga sekitar. Uniknya walaupun telah digunakan untuk banyak orang berendam dan mandi, airnya kembali jernih seperti semula. Terdapat beberapa titik yang dapat digunakan untuk berenang. Di antaranya memiliki luas sekitar 5×3 meter dengan kedalaman 1,5 hingga 3 meter.

Saat berenang atau mandi di pemandian umum Kontamale, harus memilah dan memilih lokasinya, karena ada beberapa tempat yang sangat dalam dan ada juga yang dangkal. Jadi sebaiknya sebelum menyeburkan diri ke dalam air, hendaknya mengendap dulu untuk mengukur seberapa dalam tempat yang akan dijadikan lokasi mandi atau berenang tersebut.

Selain karena keindahannya, letak gua yang hanya 100 meter saja dari jalan raya adalah salah satu keistimewaan yang membuat Kontamale ini menjadi ramai dikunjungi wisatawan. Selain air yang jernih, pemandangan pepohonan yang rindang juga menambah segar mata.

 

Sumber: TEMPO, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wakatobi



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Tenggara


Koordinat: -5.3181, 123.5348
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam31
Wisata Buatan13
Wisata Budaya11
Taman Nasional4
  • Share Via