Kuil Shri Mariamman Medan

Kawasan Danau Toba

KOTA MEDAN, Sumatera Utara

Kuil Shri Mariamman adalah Kuil Hindu tertua di Kota Medan yang dibangun pada tahun 1884 M untuk memuja Dewi Mariamman. Menurut kepercayaan Umat Hindu, Dewi Mariamman adalah dewi yang dipercayai mempunyai kekuatan yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit, menghilangkan wabah penyakit berupa penyakit ringan maupun penyakit berat dan dapat menurunkan hujan ketika mengalami musim kemarau yang tandus. Dewi ini banyak dipuja di beberapa wilayah di negara India Selatan seperti desa Andhra Pradesh. Tamil Nadu dan Karnataka 

Kuil ini terletak di kawasan yang dikenal sebagai Kampung Keling (sekarang bernama Kampung Madras). Selain digunakan untuk memuja Dewi Mariamman, Kuil ini juga digunakan untuk memuja Dewi Mariamman, Kuil ini juga digunakan untuk memuja dewadewa Hindu yang lainnya seperti Oewa Wisnu, Dewa Ganesha, Dewa Siwa, Dewa Durga dan dewa lainnya. Pintu gerbang kuil ini dihiasi sebuah Gopuram, yaitu menara bertingkat yang biasanya dapat ditemukan di pintu gerbang kuil-kuil Hindu dari India Selatan atau semacam gapura. Kuil ini sering dipenuhi umat Hindu apabila festival Deepawali dan Thaipusam. 

Kuil ini dibuka pada jam tertentubiasanya dibuka pada jam 6.00 hingga jam 12.00, dan jam 1 6.00 hingga jam 20.00. Di kuil ini tidak ada biaya masuk, namun ada kotak sumbangan sukarela.

 

sumber: disbudpar.sumutprov.go.id, tourtoba.com



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 3.5840, 98.6708
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam90
Wisata Buatan73
Wisata Budaya33
Taman Nasional4
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional