Gereja Maria Anai Velangkanni

Kawasan Danau Toba

KOTA MEDAN, Sumatera Utara

Tampak luar bangunan yang berlokasi di JI. Sakura III No. 7-10 Perumahan Taman Sakura lndah, Tanjung Selamat, Kota Medan ini sekilas mirip dengan bangunan kuil umat Hindu di India. Namun jika diperhatikan lebih seksama, dibeberapa puncak atap terdapat simbol-simbol salib. Bangunan unik itu ternyata sebuah bangunan gereja bagi umat Katolik keturunan Tamil India di Medan serta dikenal sebagai Gereja Annai Velangkanni. 

Gereja dengan model seperti ini tidak hanya menjadi satusatunya di Kota Medan, tetapi juga di Indonesia. Gereja ini dibangun pada 2001 dan didesain seorang pastor bernama James Bharataputra yang dibantu ahli konstruksi bangunan, Johannes Tarigan. Desain utama gereja itu terinspirasi oleh arsitektur lndo-Mogul sekaligus merupakan gereja kedua berarsitektur serupa setelah yang ada di India Selatan. Gereja tersebut dihadirkan untuk mengakomodasi kebutuhan

spiritual para umat Katolik keturunan India yang jumlahnya relatif banyak di Medan. 

Graha Bunda Maria Annai Velangkanni terbuka untuk umum dan tidak ada tiket masuk yang diberlakukan bagi siapa saja yang ingin melihat, berziarah serta mencari tahu sejarah tentang peristiwa kerohanian. Jodi. siapa saja dapat datang ke gereja ini untuk beribadah ataupun sekedar berwisata. 

Bangunan yang terdiri dari 2 tingkat itu menjadi pemandangan menarik soot Natal tiba dimana pengunjung akan merasakan suasana seperti sedang berada di India karena mayoritas umat yang beribadah merupakan keturunan Tamil. 

 

sumber: disbudpar.sumutprov.go.id, velangkanni.com



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 3.5478, 98.6087
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam94
Wisata Buatan73
Wisata Budaya37
Taman Nasional5
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional