Arung Jeram Batang Toru

Kawasan Danau Toba

KABUPATEN TAPANULI SELATAN, Sumatera Utara

Di Desa Hapesong Boru Kecamatan Batang Toru selain terdapat objek wisata Parsariran juga ada objek wisata air. yaitu arung jeram di Sungai Batang Toru. Sungai Batang Toru ini berhulu dari daerah Tarutung. Tapanuli Utara dan bermuara ke lout pantai barat melewati daerah Huta Raja. Sungai BatangToru ini memiliki keunikan tersendiri. karena air sungai ini selalu keruh. Berdasarkan informasi masyarakat sekitar. nama Kecamatan BatangToru ini diambil dari karakteristik Sungai BatangToru yang melintasi KecamatanBatangToru. BatangToru berasal dari kata "batang" yang berarti sungai (batang aek) dan "horu" yang berarti keruh (lotok). jadi kata Batang dan Horu ini lama-kelamaan menjadi istilah yang diucapkan menjadi "Batang Toru", yang artinya Aek Nalotok (air yang keruh). 

Beberapa tahun belakangan ini Sungai Batang Toru mulai dikenal sebagai salah satu lokasi arung jeram. dengan karakteristik yang berbeda dengan lokasi arung jeram lainnya. Wisata arung jeram di Sungai Batang Toru ini berawal sekitar tahun 2010. dimana pada kegiatan arung jeram di sini berawal dari dana PNPM Mandiri di BatangToru. kemudian pemuda setempat dilatih dalam hal berarung jeram, dengan tujuan agar para pemuda setempat memiliki keahlian/skill untuk menjadi guide arungjeram. Diharapkan dari wisata arung jeram yang telah dibangun ini depot menjadi salah satu pemasukan dana dari sektor pariwisata. 

Ada 2 jalur pilihan untuk berarung jeram di Sungai Batang Toru ini, yang pertama adalah jalur pendek,dengan start dari sungai di depan Pesantren Syeikh Ahmad Basyir di Parsariran, dan yang kedua adalah trek panjang dengan start dari daerah di sekitar RM Bersama di Parsariran. Kedua jalur ini berakhir (finish) di lokasi yang soma yaitu sekitar 100 m darijembatan Trikora Batang Toru. 

 

sumber: disbudpar.sumutprov.go.id, bocahrimba.wordpress.com



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 1.5592, 99.0792
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam75
Wisata Buatan68
Wisata Budaya32
Taman Nasional4
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional