Aek Sijorni

Kawasan Danau Toba

KABUPATEN TAPANULI SELATAN, Sumatera Utara

Aek Sijorni adalah tempat wisata alam yang berada di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayurmatingi, Kabupaten Tapanuli Selatan Tempat ini menawarkan panorama berupa air terjun bertingkat dengan kungkungan rapat pohon kelapa di sekitarnya berjarak lebih kurang 30 km dari kota Padang Sidempuan ke arah Mandailing Natal. 

Tempat wisata Aek Sijorni berupa air terjun bertingkat dengan air yang selalu jernih karena aliran sungai yang melewati batu codas dan tidak mengandung lumpur dan dikelilingi banyak pohon kelapa. Memasuki kewasan ini harus melalui jembatan gantung yang melintasi Sungai Sayur Matinggi dengan bayaran masuk sebesar Rp. 2000,-. Tapi yang paling unik untuk mencapai ke lokasi pemandian Aek Sijorni harus melalui beberapa kebun masyarakat. setiap lewat dari kebun tersebut harus bayar Rp. 2000,-. ada sekitar 4 kali melewati kebun masyarakat artinya harus membayar 4 kali Rp. 2000,

Tempat ini sangat ramai pada hari libur. terutama saat hari lebaran. Dikatakan. nama tempat ini berasal dari bahasa Batak yakni aek yang berarti air. sementara Sijorni adalah bersih. Sesuai dengan namanya, aliran air di sini katanya selalu bening. meski tengah pada soot debit air tinggi. 

 

sumber: disbudpar.sumutprov.go.id, sportourism.id



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 1.1560, 99.4225
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam68
Wisata Buatan81
Wisata Budaya43
Taman Nasional4
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional