Gunung Sorik Marapi

Kawasan Danau Toba

KABUPATEN MANDAILING NATAL, Sumatera Utara

Sorik Marapi adalah sebuah gunung berapi yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Batang Gadis, secara administratif berada di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi. Kabupaten Mandailing Natal. Sumatera Utara. Sorik Marapi merupakan gunung berapi aktif yang berketinggian 2. 145 meter dan di puncaknya terdapat sebuah danau vulkanik. 

Gunung Sorik Marapi adalah salah satu gunung yang masuk dalam kategori aktif normal. oleh karena itu gunung ini terus diamati aktifitasnya. Pos Pengamatan Gunung Api Gunung Sorik Marapi terletak di Desa SibanggorTonga Kecamatan Puncak Sorik Marapi. 

Bagi para wisatawan pendaki gunung, Puncak Gunung Sorik Marapi merupakan salah satu puncak gunung yang menantang untuk didaki. Titik awal pendakian dimulai dari desa Sibanggor Julu. Disarankan bagi para pendaki untuk terlebih dahulu melaporkan diri kepada Kepala Desa. Terdapat peratuan desa dan adat yang harus dipatuhi oleh para pendaki. Di jalur pendakian terdapat bekas pertambangan belerang secara tradisonal yang telah lama ditinggalkan. Paling tidak dibutuhkan waktu empat jam perjalanan mendaki untuk mencapai puncak gunung ini. 

Selain menyajikan pemandangan yang sangat indah, Gunung Sorik Marapi ini juga menghasilkan sumber air panas yang mengandung belerang dan menjadi objek wisata menarik di Kabupaten Mandailing Natal. Pemandian air panas ini berada di daerah Sibanggor. Seluruh daerah Sibanggor penuh dengan lokasi-lokasi air panas kecil dan lokasi yang paling nyaman terletak di pinggir jalan antara Sibanggor Tonga dan Sibanggor Jae. 

 

sumber: disbudpar.sumutprov.go.id, bocahrimba.wordpress.com



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 0.6860, 99.5390
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam106
Wisata Buatan97
Wisata Budaya61
Taman Nasional6
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional