Taman Nasional Batang Gadis

Kawasan Danau Toba

KABUPATEN MANDAILING NATAL, Sumatera Utara

Taman Nasional Batang Gadis memiliki potensi wisata alam yang layak untuk dikunjungi. Udara segar. panorama alam yang indah. gemericik air sungai serta suara satwa liar silih berganti di pagi dan sore hari. menjadikan suasana semakin alami untuk relaksasi dan menyegarkan pikiran. 

Di dalam kawasan Taman Nasional Batang Gadis kayo akan berbagai jenis tumbuhan termasuk flora langka seperti Bunga Rafflesia Arnoldi, yaitu bunga langka ini tidak memiliki akar, batang dan daun tetapi hanya tumbuh menyerupai parasit. Tak hanya itu , Taman Nasional Batang Gadis juga menjadi surga bagi lebih dari 200 spesies burung, serta amfibi tidak berkaki yang merupakan jenis satwa purba dan katak bertanduk tiga yang hanya bisa dijumpai di Sumatera. 

Masyarakat sekitar juga memiliki kehidupan yang sangat menarik dengan kearifan lokal yang masih terjaga hingga saat ini. Salah satunya adalah adanya lubuk larangan atau "naborgo-borgo" atau "harangan rarangan" atau hutan larangan, yang merupakan sebuah kearifan lokal untuk menjaga kelestarian alam di sekitar mereka. 

Objek wisata di Mandailing Natal berpusat pada desa-desa yang berada di sekitar kawasan Taman Nasional Batang Gadis, yakni Desa Sibanggor Jae, SibanggorTonga dan Sibanggor Julu. Desa Sibanggor Julu sekaligus juga sebagai pintu masuk menuju puncak Sorik Marapi. 

 

sumber: disbudpar.sumutprov.go.id, http://sptn1tnbatanggadis.blogspot.com/



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 0.8310, 99.5643
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam69
Wisata Buatan81
Wisata Budaya43
Taman Nasional3
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional