Gua Togi Ndrawa

Kawasan Danau Toba

KOTA GUNUNGSITOLI, Sumatera Utara

Togi Ndrawa secara harafiah berarti "gua (goa) Islam" yang terletak di Desa Lelewonu Niko'otano Kecamatan Gunungsitoli, berjarak sekitar 3km dari pusat Kota Gunungsitoli. Menurut masyarakat sekitar. gua ini disebut TOgi Ndrawa karena dahulu gua ini merupakan tempat persembunyian bagi kaum pendatang/orang asing yang beragama Islam (dawa/ndrawa) ketika masa pendudukan Jepang di Nias, sehingga akhirnya dinamakan TOgi Ndrawa. Ada juga versi lain yang menyatakan bahwa gua ini merupakan tempat persembunyian orang Nias pada zaman dahulu ketika datang dawa (orang asing) ke daerah tersebut. 

Keunikan gua Togi Ndrawa ini terletak pada deretan gua yang berjumlah 5 buah. Konon, dari informasi masyarakat sekitar. gua ini memiliki lorong yang tembus ke Guo Laowomaru di Desa Fodo yang berjarak sekitar 12km dari Guo Togi Ndrawa. Kita dapat mencapai gua ini dengan kendaraan bermotor dan sebagian lagi harus ditempuh dengan berjalan kaki beberapa ratus meter melewatijalan setapak yang telah dibangun oleh Museum Pusaka Nias untuk memudahkan akses menuju Guo Togi Ndrawa ini. 

Konon dari jejak sejarah kehadiran manusia di Nias, gua ini telah dihuni sekitar 12.000 tahun yang lalu dan berlangsung secara terus menerus sampai berkisar tahun 1 . 150 Masehi. Mereka yang tinggal di gua tersebut memanfaatkan biota marin khususnya yang berada pada kawasan mangrove. 

 

sumber: disbudpar.sumutprov.go.id, balarsumut.kemdikbud.go.id



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 1.2455, 97.6426
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam66
Wisata Buatan68
Wisata Budaya28
Taman Nasional4
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional