Kompleks Makam Tinggi Barus

Kawasan Danau Toba

KABUPATEN TAPANULI TENGAH, Sumatera Utara

Kompleks Makam Papan Tinggi terletak di Desa Penanggahan, Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah. Barus adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Kota Barus terletak di pinggir Pantai Barat Sumatera dan dahulunya merupakan sebuah Kota Emporium dan pusat peradaban pada abad 1 -17 M, dan disebut juga dengan nama lain yaitu Fansur. 

Pada masa lalu kapur barus dan rempah-rempah merupakan salah satu komoditas perdagangan yang sangat berharga dari daerah ini dan diperdagangkan sampai ke Arab dan Parsia. Kapur barus sangat harum dan menjadi bahan utama dalam pengobatan di daerah Arab dan Persia. Kehebatan kapur inipun menjalar ke seluruh dunia dan mengakibatkan komoditi ini menjadi buruan sehingga mengakibatkan harganya semakin tinggi. 

Di daerah Barus ini terdapat sebuah kompleks pemakaman yang dipercaya merupakan pemakaman para ulama-ulama terdahulu yang menyebarkan ajaran Agama Islam di daerah Barus dan sekitarnya.Kompleks makam ini dinamakan Makam Papan Tinggi karena letaknya yang berada di atas bukit denganketinggian±200 mdpl (meter di atas permukaan laut). Kompleks makam ini menempati areal seluas 40 x 15 meter yang dikelilingi oleh pagar pembatas setinggi 160 cm. Makam ini merupakan salah satu bukti sejarah ini penyebaran Agama Islam di Barus yang dilakukan oleh Syekh Mahmud. Syekh Mahmud adalah salah seorang penyebar masuknya Islam ke Indonesia pada Abad ke-6 dan makamnya ditemukan pada abad ke 13. Selain makam Mahmud ditemukan 43 batu nisa penyebar Islam lainnya di Barus dan semuanya bertuliskan aksara Arab dan Persia. 

Dikarenakan lokasinya yang berada berada di puncak bukit, mengharuskan pengunjung menaiki anak tangga sejumlah 876 buah untuk sampai ke lokasi makam. Komplek makam Papan Tinggi membentang dari utara ke selatan dengan orientasi utara-selatan. Kompleks makam ini pernah mengalami pemugaran oleh Kanwil Depdikbud Sumatera Utara pada tahun 1994/1995. Enam makam terletak dalam satu kelompok. Makam ini terbuat dari batu kali dengan ukuran bervariasi, nisan besar mempunyai tinggi 34 cm, lebar 24 cm, dan tebal 1 6 cm berjumlah 3 buah;nisan kecil berukuran tinggi 28 cm, lebar 19 cm, dan tebal 14 cm berjumlah 3 buah. Sedangkan 1 (satu) makam lainnya terletak agak terpisah. 

 

sumber: disbudpar.sumutprov.go.id, aswilblog.wordpress.com



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 2.0386, 98.4196
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam75
Wisata Buatan68
Wisata Budaya33
Taman Nasional4
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional