Candi Pamutung

Kawasan Danau Toba

KABUPATEN PADANG LAWAS, Sumatera Utara

Candi Sipamutung berada di Desa Siparau Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padanglawas merupakan bukti sejarah peninggalan abad XI. Candi yang dikelilingi oleh rangkaian perbukitan rendah tersebut terletak, di dipinggir Sungai Barumun yang membelah dataran Padanglawas dan berjarak sekitar 40 Km dari ibukota Kabupaten Padanglawas, Sibuhuan dan dari kota Padangsidimpuan berjarak sekitar 70 Km. 

Beberapa kalangan menyebut Candi Sipamutung merupakan satu-satunya candi yang didirikan Ummat Budha dan paling megah di antara candi yang terdapat di Kabupaten Padang Lawas dan Padang Lawas Utara yang umumnya didirikan umay Hindu. Bentuk dan ukurannya terdiri dari sebuah biara induk menghadap ke timur dengan denah bujur sangkar berukuran 

11 X 11 meter, tinggi 13 meter terdiri dari bagian kakL badan, dan atap. Sedangkan di kedua sisinya terdapat 6 biaro yang lebih kecil, pada bagian bawahnya tersusun 16 buah stupa yang lebih kecil. Lima buah Biaro dari bata dan sebuah dari batu andesit. Biaro-biaro yang terbuat dari bata adalah Biaro perwara di sebelah timur candi induk berbentuk mandapa berdenah segi empat dengan kompleks candi ini dikelilingi tembok berukuran 7 4 x 7 4 meter dengan pintu masuk sejenis gapura. 

 

sumber: disbudpar.sumutprov.go.id, kebudayaan.kemdikbud.go.id



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 1.3928, 99.7541
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam78
Wisata Buatan76
Wisata Budaya42
Taman Nasional5
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional