Candi Bahal

Kawasan Danau Toba

KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA, Sumatera Utara

Candi Bahal atau Biara Bahal atau Candi Portibi adalah komplek Candi Buddha aliran Vajrayana. terletak di Desa Bohol Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara Sumatera Utara. Candi ini berjarak sekitar 3 jam perjalanan dari Padang Sidempuan atau sekitar 400 km dari Kota Medan. Candi ini terbuat dari bahan bata merah dan diduga berasal dari sekitar abad ke-11 dan dikaitkan dengan Kerajaan Pannai. salah satu pelabuhan di pesisir Selat Malaka yang ditaklukan dan menjadi bagian dari Mandala Sriwijaya. 

Komplek areal candi memiliki tiga bangunan kuno yaitu Biara Bahal I, II dan III. Ketiga Candi ini saling berhubungan dan berada dalam satu garis lurus. Biara Bahal I merupakan candi yang terbesar. Bagian kakinya atau dasar candi berhiaskan papan-papan disekelilingnya yang berukiran tokoh Yaksa yang berkepala hewan dengan figur yang sedang menari-nari.Pada ukiran tersebut tergambar rupa para penari yang memakai topeng hewani seperti halnya pada upacara di Tibet. 

Candi ini diberi nama berdasarkan nama desa tempat bangunan ini berdiri. Selain itu nama "Portibi" dalam bahasa Batak berarti 'dunia' atau 'bumi' istilah serapan yang berasal dari bahasa sansekerta: Pertiwi (Dewi Bumi). Arsitektur bangunan candi ini hampir serupa dengan Candi Jabung yang ada di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. 

Candi ini merupakan kompleks candi (dalam istilah setempat disebut biaro) yang terluas di Provinsi Sumatera Utara, karena areaInyo melingkupi kompleks Candi Bohol I, Bohol II dan Bohol III. Seluruh bangunan diketiga kompleks candi dibuat dari bata merah, kecuali arca-arcanya yang terbuat dari batu keras. Masing-masing kompleks candi dikelilingi oleh pagar setinggi dan setebal sekitar 1 m yang juga terbuat dari susunan bata merah. Di sisi timur terdapat gerbang yang menjorok keluar dan di kanan-kirinya diapit oleh dinding setinggi sekitar 60 cm. Di setiap komplek candi terdapat bangunan utama yang terletak di tengah halaman dengan pintu masuk tepat menghadap ke gerbang. 

 

sumber: disbudpar.sumutprov.go.id, commons.wikimedia.org/Spiiiv



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 1.4093, 99.7267
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam76
Wisata Buatan75
Wisata Budaya40
Taman Nasional5
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional